Search

Strategi Pasar B2B Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Strategi Pasar B2B Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis
Pemasaran bisnis adalah menjual produk barang atau jasa kepada perusahaan lain atau perorangan yang mempunyai minat untuk membuka bisnis. Seperti halnya Business to Business (B2B) yang merupakan transaksi komersial antar pelaku bisnis. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut lebih inovatif dan memiliki keunggulan yang bisa ditawarkan kepada pelanggan dan mitra bisnis. Bentuk kerjasama ini dapat membantu upaya efisiensi biaya pengadaan barang atau jasa dan bisa memudahkan mitra usaha. Business to Business (B2B) adalah sebuah bisnis yang cukup rumit, pada bisnis ini persaingan harga terjadi cukup ketat. Yang berakibat pada tipisnya profit yang didapatkan oleh pengusaha. Misal antara perusahaan perakitan dan perusahaan distribusi. Penambahan nilai produk sudah diolah yang kemudian dijual kembali ke mitra bisnis anda. Istilah B2B dipakai sebagai komunikasi elektronik bagi pelaku bisnis, produk dan jasa dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Pembeli di sektor bisnis dalam produk barang dan jasa ini tentu akan lebih mengutamakan kualitas dan harga yang akan dijualnya kembali. Penjualan B2B cenderung lebih besar daripada pembelian konsumen, sebagian besar B2B menggunakan media sosial, jaringan sosial dan situs blogging. Biasanya bisnis B2B menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, serta pengiriman dan permintaan proposal bisnis dari calon mitra. Berikut adalah strategi yang sebaiknya anda pakai untuk pemasaran produk B2B untuk lebih menawarkan nilai dari produk tersebut:
  1. Tawarkan nilai pada pelanggan
Para pelaku bisnis sebaiknya lebih menekankan pada nilai produknya. Menawarkan keunggulan produk B2B pada mitra bisnis.
  1. Berikan layanan berkualitas
Seperti pengantaran barang tepat waktu, produk yang diberikan sesuai dengan pesanan, memberikan garansi, ramah dan memberikan rasa nyaman bagi mitra bisnis anda.
  1. Jaga hubungan baik
Baik mitra bisnis anda yang sudah melakukan transaksi maupun belum harus pastikan tetap membina hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi seputas bisnis, atau pun hanya sekedar menyapa mitra dan memberikan ucapan selamat atas peristiwa menyenangkan yang terjadi pada mitra anda. Penjualan B2B merupakan sebuah proses yang tidak instant seperti yang diharapkan. Meskipun begitu anda harus tetap menjaga konsistensi dan tekad agar tetap stabil karena prospek B2B memang sebuah lahan yang memerlukan waktu panjang. B2B ini penuh dengan orang-orang yang sibuk dengan tumpukan proposal dan formulir persetujuan untuk mitra dan calon mitra kerja. Pembeli produk B2B cenderung lebih fokus pada proses seleksi dan evaluasi.