Search

Strategi Komitmen Pasar Yang Perlu Dipelajari Dalam Bisnis

Strategi Komitmen Pasar Yang Perlu Dipelajari Dalam Bisnis

Kesuksesan merupakan hal yang paling didambakan oleh para pelaku bisnis, apalagi pada era digital seperti sekarang ini. Banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan dalam mengejar kesuksesan. Dalam strategi tersebut, berkaitan erat dengan tingkat keterlibatan suatu perusahaan dalam hal mencari pasar tertentu. Karena itu diperlukan komitmen bisnis yang anda kelola pada pasar yang akan menjadi target anda. Strategi pemasaran yang baik merupakan kunci keberhasilan terhadap penjualan suatu produk.

Untuk itu diperlukan komitmen dalam strategi pemasaran. Lalu apa saja strategi komitmen pasar yang perlu dipelajari?

  1. Strong Commitment Strategy

Dalam perusahaan yang akan menerapkan strategi ini dituntut untuk dapat melakukan perencanaan operasinya dalam pasar yang sudah ditujunya secara optimal. Jika bisnis yang anda kelola mendapatkan tantangan dari kompetitor, maka hendaknya anda dapat bertahan dan melawan kompetitor bisnis anda dengan menggunakan strategi marketing mix. Tujuan utamanya agar dapat mempertahankan posisi bisnis anda dari para kompetitor bisnis yang lainnya. Syarat yang harus dimiliki oleh bisnis yang anda jalankan agar dapat sukses dalam menggunakan strategi ini:

  • Bisnis yang anda jalankan hendaknya dapat beroperasi secara optimal dengan cara merealisasikan skala ekonomis dalam hal promosi dan distribusi.
  • Sebaiknya sebagai pelaku bisnis agar tidak cepat puas dengan situasi atau posisi yang telah dicapai, karena mempertahankan pada posisi yang sudah diraih jauh lebih sulit.
  • Memiliki sumber daya yang memadai.
  • Sebagai pelaku bisnis anda harus mempunyai kemampuan dan dapat mengambil resiko bisnis yang bisa terjadi kapan saja.
  • Hasil pokok yang diharapkan dalam strategi ini adalah meningkatnya pertumbuhan, laba dan juga pangsa pasar.
  1. Average Commitment Strategy

Apabila perkembangan bisnis dalam suatu pasar tidak mengalami perubahan, maka bisnis yang anda kelola tersebut perlu memprioritaskan usahanya agar dapat mempertahankan status quo. Di mana perubahan hanya akan dilakukan apabila lingkungan juga mengalami perubahan. Syarat yang harus dipenuhi oleh bisnis yang anda kelola yang ingin menggunakan strategi ini adalah bisnis anda harus dapat mengupayakan agar para pelanggannya tetap puas dan juga senang, sehingga mereka tidak mudah berpindah pada kompetitor bisnis anda yang lain.

  1. Light Commitment Strategy

Ada bisnis atau usaha yang telah mempunyai pasar namun hanya diperhatikan sambil lalu saja. Ini berarti bisnis tersebut hanya mempunyai komitmen kecil untuk mengurusi pasar bisnis. Bisnis yang anda kelola tidak banyak melakukan perhatian pada usaha untuk dapat mencukupi dan memenuhi kebutuhan segala aspek yang sangat dibutuhkan oleh pasar tersebut. Hal ini terjadi karena pasar tersebut bersifat stagnan dengan potensi yang terbatas.

Semoga komitmen pasar di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi bisnis yang anda jalankan.