Search

Strategi Jitu Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah

Strategi Jitu Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah

Saat ini memesan tiket pesawat bukan lagi hal yang sulit, kemajuan teknologi dan hadirnya berbagai agen tiket pesawat dengan berbagai macam rute penerbangan memudahkan siapa saja yang ingin melakukan pencarian tiket pesawat. Tapi yang menjadi masalah adalah tidak semua tiket pesawat dapat dijangkau dengan isi kantong. Mungkin dulu Anda ingat si A dapat tiket ke Bali hanya Rp. 50.000,- saja atau tiket ke Kuala Lumpur Rp. 100.000,- semua didapatkan dengan cara berburu tiket promo secara online. Namun sejak dikeluarkannya peraturan baru yang mengatur batas penawaran harga tiket pesawat, kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga super murah sudah hilang. Meski begitu anda tetap bisa mendapatkan tiket dengan harga murah, asal anda tahu cara untuk mendapatkannya.

Inti dari pencarian harga tiket murah atau tiket promo adalah membandingkan harga tiket dari beberapa travel agent. Biasanya travel agent ternama memberikan harga tiket lebih mahal karena biaya operasional dan biaya iklan mereka juga lebih besar. Ada beberapa strategi untuk mendapatkan tiket murah atau tiket promo, berikut adalah strategi jitu yang dapat membantu anda:

  1. Daftar Newsletter

Dengan mendaftar newsletter ke masing-masing maskapai penerbangan dan travel agent, anda akan menjadi orang yang update promo maupun diskon yang bisa dipakai untuk membeli tiket pesawat dengan harga lebih murah.

  1. Manfaatkan kode promo

Banyak travel agent yang memudahkan konsumen dalam mencari tiket pesawat murah. Biasanya travel agent mengadakan promo untuk memanjakan konsumennya. Anda dapat mengecek website pembelian tiket online untuk melihat promonya dan gunakan kode promo untuk dapatkan tiket pesawat. Liburan pun semakin menyenangkan.

  1. Hindari membeli tiket pesawat pada jam kerja

Jam kerja pada umumnya dimulai pada pukul jam 08.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB merupakan waktu disaat banyak orang yang sibuk sehingga dituntut waktu yang cepat dalam mencari tiket pesawat, harga bukan menjadi masalah bagi mereka. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh pihak maskapai penerbangan untuk memberikan harga yang normal atau harga tiket yang sengaja dibuat lebih mahal dari harga normal.

  1. Harga Tiket pesawat murah pada dini hari

Anda harus rela untuk bangun pada dini hari, lebih tepatnya pada pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB untuk berburu tiket murah. Maskapai penerbangan biasanya memperbaharui harga tiket pesawat 3 kali dalam sehari. Jadi, pasang alarm anda untuk memulai perburuan pada dini hari. Cek harga tiket pesawat dan bandingkan dengan harganya pada waktu jam kerja.

  1. Pesan tiket pesawat 3 bulan sebelum keberangkatan

Dalam kurun waktu 3 bulan sebelum penerbangan biasanya ada banyak promo tiket pesawat bahkan diskon sampai 50% dari harga normal.

  1. Hindari pesan tiket pesawat pada hari libur nasional atau akhir pekan

Biasanya pada hari libur nasional atau akhir pekan, maskapai penerbangan akan memberikan harga yang lebih mahal dari harga normal. Karena pada hari-hari libur banyak orang yang melakukan travelling, hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh maskapai penerbangan untuk menaikkan harga tiket pesawat. Perang harga tiket pesawat murah biasanya pada hari senin, selasa dan rabu. Harga tiket akan kembali normal pada hari jumat dan akan lebih mahal pada hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional.

  1. Rencanakan liburan di bulan April, September dan Oktober

Karena bulan-bulan tersebut bukan bulan high season atau peak season, maka permintaan terhadap tiket pesawat cenderung turun. Sehingga maskapai penerbangan akan memberikan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah dibanding harga normal. Hindari booking tiket pesawat pada bulan Januari, Mei, Juni, Juli, Agustus, November dan Desember. Karena bulan-bulan tersebut adalah high season (peak season) atau musim liburan.

  1. Pilih tiket one way

Tiket pesawat one way jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket pulang-pergi yang harganya jauh lebih mahal. Misalnya untuk berangkatnya anda membeli tiket pesawat dari maskapai penerbangan A dan untuk pulangnya dengan membeli tiket pesawat dari maskapai lainnya.

  1. Rute penerbangan

Rute penerbangan yang anda ambil merupakan salah satu faktor penting dalam mendapatkan harga tiket pesawat murah, apa bedanya dan pengaruhnya terhadap tiket pesawat?

Rute penerbangan yang ramai dilayani oleh maskapai penerbangan cenderung memiliki harga tiket yang fluktuatif atau berbeda-beda setiap waktu. Ketika anda sedang browsing dalam melakukan pencarian tiket pesawat pada rute tersebut dan harganya lebih murah dari harga biasanya, sebaiknya segera di book saat itu juga. Karena harga bisa saja berubah beberapa saat kemudian. Sedangkan untuk rute penerbangan yang sepi sepanjang tahun biasanya mempunyai harga yang sama, jadi tidak akan berpengaruh apakah beli tiket 1 atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Kecuali pada saat tertentu, seperti pada saat hari raya keagamaan.

  1. Maskapai penerbangan

Maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) biasanya harga yang dibelinya jauh-jauh hari lebih murah dibandingkan ketika anda membelinya beberapa saat sebelum keberangkatan. Berbeda dengan maskapai yang memberikan full service dalam penerbangan di mana harga tiketnya sepanjang tahun mempunyai harga yang kurang lebih sama, tapi bisa jadi ketika anda membelinya beberapa saat sebelum penerbangan justru harganya akan lebih murah dibandingkan dengan maskapai LCC.

Jadi, jika anda sudah menemukan tiket pesawat dengan harga murah jangan ragu untuk segera membelinya untuk menghindari harga yang bisa saja naik setiap saat. Semoga strategi diatas dapat membantu anda yang sedang merencanakan sebuah agenda untuk bepergian.