Search

Simulasi Perhitungan Profit Bisnis Tiket Pesawat Online

Simulasi Perhitungan Profit Bisnis Tiket Pesawat Online

Usaha tour dan travel adalah usaha yang mempunyai profit yang cukup besar, pada saat ini perusahaan tour dan travel banyak yang memberikan penawaran kerjasama keagenan dalam penjualan tiket. Jika dulu bisnis yang ditawarkan hanya berupa penjualan tiket pesawat terbang, tiket kereta api dan PPOB, kini bisnis yang ditawarkan pun semakin lengkap. Karena digabung dengan book hotel serta dilengkapi dengan voucher hotel, dan bisnis lainnya yang terkait erat dengan dunia travelling.

Lalu bagaimana dengan perhitungan profit pada bisnis tiket online ini khusunya tiket pesawat? Banyak orang mengatakan bahwa keuntungan penjualan tiket pesawat sangat kecil, mungkin itu benar. Namun bisa saja hal itu salah. Sejatinya persentase keuntungan dalam penjualan tiket pesawat adalah kisaran antara 2 persen hingga 3.5 persen dari NTA (Net To Agent). Akan tetapi semua bisa berubah tergantung dari kebijaksanaan masing-masing maskapai penerbangan. Berikut adalah cara menghitung fee atau profit yang di peroleh oleh mitra usaha travel agen online:

Contoh:

Pesawat terbang dari Jakarta ke Yogakarta:

Harga tiket sebelum pajak Rp. 621.000,-

Harga NTA (Net To Agent) Rp. 580.000,-

Pajak penumpang Rp. 41.000,-

Maka komisi yang sebenarnya adalah 3% x Rp. 580.000 = Rp. 17.400,- per-tiket yang anda jual. Jika dalam sehari anda bisa menjual tiket sebanyak lima kali. Untuk perhitungannya komisi yang didapatkan dari penjualan tiket pesawat rute Jakarta – Yogyakarta:

5 x Rp. 17.400 = Rp. 87.000,- Jika di hitung selama satu bulan, maka:

30 x Rp. 87.000 = Rp. 2.610.000,-

Semoga dengan komisi kecil yang anda dapatkan tidak akan membuat nyali anda menjadi ciut. Karena bisnis travel ini sudah menjadi milik anda. Artinya anda bisa menjalankan bisnis tersebut tanpa harus keluar dari pekerjaan utama anda. Hal ini merupakan tantangan bagi anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dan konsumen yang setia kepada anda. Dengan demikian bisnis travel agen online anda akan makin dikenal masyarakat dan penjualan tiket pesawat pun akan semakin meningkat.

Bahkan jika anda juga berhasil menawarkan semua produk yang ada di dalam sistem ini, seperti hotel, tiket kereta api dan PPOB kepada teman-teman anda, maka anda akan mendapatkan tambahan penghasilan lebih dari hasil perhitungan di atas.