Search

Serunya Mengarungi Sungai Maron Pacitan

Serunya Mengarungi Sungai Maron Pacitan

Selama ini Pacitan cukup dikenal dengan pantainya yang indah dan keajaiban gua-guanya. Namun diam-diam Pacitan juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik. Para pecinta kegiatan alam pasti tidak asing dengan Sungai Maron yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Sungai ini memiliki daya tarik tersendiri dan juga wisata air yang tidak kalah serunya untuk para pelancong.

Tentang Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron Pacitan adalah sungai yang memiliki air sangat jernih dan juga bersih. Sudah sejak dahulu para warga menggunakan airnya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memenuhi kebutuhan air bersih.

Jika dilihat secara geografis, wisata alam yang satu ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan Wonogiri Jawa Tengah. Sekitar 40 KM dari alun-alun Pacitan, cukup jauh memang dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Jika melalui Solo, jaraknya sekitar 100 KM dengan memakan waktu hingga tiga jam perjalanan. Sebaiknya, jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan kendaraan umum masih sulit terjangkau untuk menuju ke lokasi.

Jalan raya menuju ke wisata alam Sungai Maron masih belum mulus. Selain itu juga jalanan yang dilewati terdapat tikungan tajam dan jalan yang sempit. Jadi untuk melakukan perjalanan tersebut dibutuhkan mesin transportasi yang stabil dan pengemudi yang handal.

Keindahan Sungai Maron Pacitan
Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Sungai Maron Pacitan sungguhlah indah. Wisata Sungai Maron memiliki fasilitas utama perahu wisata. Para pelancong akan diajak untuk menelusuri keindahan Sungai Maron dengan rute wisata sekitar 45 kilometer atau selama 45 menit perjalanan. Perahu wisata ini milik warga sekitar yang disewakan untuk berbisnis pariwisata. Biaya yang dikenakan untuk wisatawan sekitar 100.000 – 150.000 untuk 5 – 6 orang dalam satu perahu. Sedangkan untuk fasilitas seperti warung makan dan toilet tersedia dengan jumlah yang terbatas karena wisata ini baru dibuka.

Keindahan alam Sungai Maron sungguh memanjakan mata saat wisatawan di ajak menelusuri sungai menggunakan perahu wisata. Wisatawan akan di suguhkan pemandangan alam yang hijau dengan air sungai yang jernih. Ikan-ikan berbagai jenis juga terlihat berlalu lalang jika dilihat dari permukaan air sungai. Termasuk sebagai tempat hidup ikan kakap merah. Jadi, kamu dengan rombongan wisata juga dapat memancing di sungai ini, lho. Selain menikmati keindahan sungai, wisatawan juga akan dijelaskan mengenai sejarah sungai tersebut oleh pemandu wisata lokal. Sungai Maron sendiri memiliki muara di Pantai Ngiroboyo, Jawa Timur yang jarang dijamah oleh wisatawan.

Sepanjang perjalanan menelusuri keindahan Sungai Maron Pacitan, wisatawan akan merasakan masuk ke pedalaman hutan layaknya hutan Amazon yang terletak di Amerika. Selain itu wisatawan juga akan disuguhkan oleh pemandangan barisan bukit-bukit karang saat perahu akan sampai di Pantai Selong wisatawan seperti berada di sekitar Phuket, Thailand. Wisatawan juga dapat menghabiskan sekitar dua jam untuk menikmati keindahan Pantai Ngiroboyo sebelum kembali ke lokasi semula. Wisatawan dapat mengambil foto dengan keindahan yang ada.

Biaya Wisata Sungai Maron
Wisata Sungai Maron yang memiliki biaya relatif terjangkau dengan tempat yang cukup nyaman dan keindahan alamnya yang sungguh asri, sangat cocok untuk liburan seru kamu bersama keluarga atau teman. Sedangkan Sungai Maron sendiri memiliki kedalam hingga 20 meter, jadi, kamu harus tetap berhati-hati terlebih bagi yang tidak bisa berenang karena arus sungai ini bisa saja yang awalnya tenang menjadi deras.

Jadi, Sungai Maron Pacitan dapat menjadi destinasi selanjutnya yang dapat kamu kunjungi bersama dengan keluarga, teman, pacar, atau bahkan seorang diri. Semuanya tergantung bagaimana kamu menghabiskan waktu liburan. Hal terpenting yang harus selalu dilakukan selama berlibur adalah tetap menjaga kesehatan dan selalu berdoa untuk keselamatan dirimu dan sekitarnya.