Search

Seputar Transit Pesawat Di Bandara Yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Transit Pesawat Di Bandara Yang Perlu Anda Ketahui

Transit penumpang pada moda angkutan udara adalah di mana seorang penumpang yang berhenti tidak lebih dari 24 jam pada titik tengah antara keberangkatan dan titik tujuan yang berlanjut dalam perjalanannya dengan menggunakan maskapai penerbangan yang sama atau pun berbeda. Karena terkadang untuk sampai pada tempat tujuan tidak bisa langsung dari bandara asal keberangkatan pesawat, karena itulah penumpang harus singgah terlebih dahulu atau transit sebelum melakukan perjalanan kembali.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis transit pesawat yang perlu anda tahu:

  • Transit tanpa ganti pesawat

Jika pesawatnya sama, biasanya pilot akan meminta anda untuk tetap tinggal di dalam pesawat. Pesawat hanya menunggu tambahan penumpang dari bandara tersebut dan anda tidak perlu turun dari pesawat.

  • Transit ganti pesawat

Jika anda transit dengan ganti pesawat, dipastikan anda pasti harus menunggu lagi di ruang tunggu bandara, namun sebelumnya anda harus melapor pada maskapai penerbangan yang akan anda naiki. Transit dan masuk ke ruang tunggu sesuai dengan maskapai penerbangan yang sudah anda pilih. Jika anda tidak tahu tempat untuk transit, tanyakan pada petugas bandara.

  • Penumpang pesawat transit dari domestik perjalanan ke luar negeri dengan pesawat yang sama

Penumpang turun dari pesawat dengan hanya membawa barang bawaan mereka dari kabin pesawat dan kemudian melapor ke meja transit, untuk selanjutnya mengikuti prosedur pemeriksaan paspor lengkap sebelum naik kembali ke pesawat.

  • Penumpang pesawat transit dari domestik perjalanan ke luar negeri dengan pesawat yang berbeda

Penumpang turun dari pesawat kemudian membawa barang bawaan dari kabin dan kemudian mengambil barang bagasinya, untuk selanjutnya menuju terminal keberangkatan internasional untuk check in ulang dan pemeriksaan dari pihak imigrasi sebelum kemudian naik pesawat.

Manfaatkan waktu transit untuk relaksasi sebentar dari penatnya penerbangan yang panjang. Untuk mengetahui jenis transit, anda cukup mendengarkan petunjuk dari pramugari melalui pengeras suara apakah anda harus turun atau tetap di dalam pesawat.

Periksa dengan seksama berapa lama waktu untuk transit, ini penting karena harus tahu kapan waktu untuk kembali ke ruang tunggu. Jangan sampai ketinggalan pesawat karena anda sibuk berkeliling atau berbelanja di bandara. Semoga penjelasan datas seputar transit pesawat dapat membantu anda.