Search

Sepintas Tentang E-Commerce

Sepintas Tentang E-Commerce

Apa sih E-commerce itu? Kenapa harus menggunakannya? Bagi anda yang kurang memahami dengan istilah tersebut. Berikut akan dibahas pengertian tentang E-commerce.

E-commerce atau biasa yang disebut dengan Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan jaringan elektronik, seperti melalui email, electronic bulletin boards, mesin facsimili dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi belanja di Internet Shopping. Lebih sederhananya lagi E-commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet.

E-commerce melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik, seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang di lakukan di dalam sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.

Definisi E-commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dari beberapa perspektif atau segi, yaitu:

  • Segi Komunikasi

E-commerce adalah pengiriman barang, layanan informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau jaringan elektronik lainnya.

  • Segi Bisnis

E-commerce adalah aplikasi dari teknologi yang otomatisasi terhubung dalam transaksi bisnis secara online.

  • Segi Layanan

E-commerce merupakan suatu alat untuk memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan kualitas layanan pengiriman barang.

  • Segi Online

E-commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi produk melalui internet dan sarana online lainnya.

Tujuan menggunakan E-commerce bagi bisnis anda adalah perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungan dan mengembangkan usahanya secara global.

Dengan menggunakan teknologi informasi, E-commerce dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya persaingan dalam berbisnis secara otomatis akan meningkatkan tekanan pada perusahaan untuk lebih maju lagi dibanding dengan pesaingnya.