Search

Sekilas Tentang Jenis Tiket Penerbangan

Sekilas Tentang Jenis Tiket Penerbangan

Tiket penerbangan adalah dokumen atau bukti kontrak, karena pada tiket tersebut terdapat ikatan antara maskapai penerbangan yang akan memberikan jasa layanan angkutan udara dan penumpang yang telah memiliki tiket. Bisnis penjualan tiket pesawat memiliki sistem yang mudah dan sederhana serta dapat dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang pekerjaan atau pendidikan yang berbeda-beda. Karena seorang karyawan yang bekerja dalam bidang apa pun dapat menjadi agen tiket pesawat.

Industri tiket pesawat online saat ini sedang booming. Menjual tiket pesawat terbang tidak bisa dilakukan secara mandiri, dalam arti tidak bisa menjadi agen yang bekerja sama secara langsung dengan maskapai penerbangan karena memerlukan modal yang cukup besar, namun bisa menjadi mitra atau sub-agen dari perusahaan besar travel agen. Meskipun hanya menjadi sub-agen penjual tiket pesawat dari sebuah travel agen besar tidak ada salahnya, karena banyak sub-agen yang kemudian mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket pesawat hingga jutaan rupiah.

Tiket penerbangan sendiri di bagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Menurut wilayah operasi
  • Domestic Flight Ticket adalah tiket penerbangan yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan dan hanya berlaku untuk penerbangan dalam negeri (domestik)
  • International Flight Ticket adalah tiket penerbangan yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan dan berlaku untuk penerbangan internasional atau penerbangan ke luar negeri.
  1. Kelas penerbangan
  • First Class, pelayanan yang didapatkan dari kelas utama ini kualitas dan kualitasnya berada di atas dari kelas bisnis dan kelas ekonomi.
  • Business Class, pelayanan yang diterima oleh penumpang selama perjalanan berada di atas dari kelas standar.
  • Economy Class, tiket yang didapatkan oleh penumpang selama penerbangan mendapatkan pelayanan standar yang berlaku dari maskapai penerbangan tersebut.
  1. Menurut sifat penggunaannya
  • Conjunction Ticket, tiket penerbangan yang terdiri dari dua atau lebih yang saling berhubungan dan diberikan kepada penumpang yang rute perjalanannya tidak hanya menggunakan satu tiket saja.
  • Non Conjunction Ticket, tiket penerbangan yang terdiri sari satu tiket penerbangan saja, tiket ini digunakan untuk perjalanan tunggal dengan rute yang sama.
  1. Cara penerbitan tiket
  • Tiket manual, adalah tiket yang diterbitkan dengan cara ditulis tangan.
  • Tiket Otomatis atau Transitional Automated Ticket (TAT), adalah tiket yang diterbitkan secara otomatis odengan menggunakan komputer.
  • Electronic Ticket (E-Ticket), tiket dalam bentuk digital yang tersimpan di dalam handphone atau email penumpang tanpa perlu di cetak.
  1. Menurut harga tiket atau masa berlaku tiket (validity)
  • Tiket harga normal, adalah tiket yang memiliki masa berlaku selama 3 bulan untuk penerbangan domestik dan 1 tahun masa berlaku untuk penerbangan internasional (penerbangan ke luar negeri), untuk kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif.
  • Tiket harga khusus, adalah harga tiket yang berlaku bagi penumpang dengan status tertentu yang ditetapkan oleh masing-masing maskapai penerbangan seperti harga tiket untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, guru dan lain-lain).