Search

Sejarah E-commerce Di Indonesia

Sejarah E-commerce Di Indonesia

Untuk anda yang baru memulai bisnis online atau pun yang sudah lama menggeluti bisnis online mungkin banyak yang tidak tahu tentang sejarah bisnis online. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak dipungkiri juga mempengaruhi kegiatan bisnis di Indonesia, baik bisnis kecil menengah maupun bisnis besar yang telah mendunia. Saat ini masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan sarana online utuk mengembangkan bisnisnya. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar untuk saat ini dan untuk masa yang akan datang.

Menurut situs wikipedia.org bisnis online mempunyai arti perdagangan elektronik, dalam hal ini penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui iklan di televisi maupun melalui jaringan internet. E-dagang atau E-commerce (Electronic Commerce) melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik melalui sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce mungkin sebuah konsep yang relatif baru dibandingkan dengan fenomena lain. Internet marketing atau E-commerce sebenarnya sudah populer di negara maju sejak tahun 1999 dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based, www.yahoo.com yang kemudian disusul dengan mesin pencari lain yang sekarang sangat popular yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri google dalam waktu singkat masuk ke dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya lahir website yang berfungsi sebagai sosial media, seperti www.friendster.com, www.facebook.com, dan www.twitter.com yang memudahkan bagi para pelaku bisnis untuk dapat lebih mengembangkan lagi bisnisnya.

Awal mula hiruk pikuk E-commerce dimulai dengan kemunculan penyedia akses internet pertama di Indonesia yaitu Indonet pada tahun 1994 atau yang lebih dikenal dengan nama Indosat. Dari sana kemudian mulai bermunculan situs kaskus, toko bagus dan barulah kemudian pemerintah membentuk Undang-Undang ITE pada tahun 2008 untuk mengatur semua yang berkaitan dengan dunia maya. Internet pada masa sekarang ini telah menjadi kebutuhan pokok karena kita dapat memperoleh informasi segala macam hal, berbelanja online, berita online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dan lain sebagainya.

Dengan kemajuan yang begitu pesat semakin membuat dunia tanpa batas, karena kita dapat mengakses apa saja yang ada di dalamnya. Bisa dikatakan dalam dekade terakhir bisnis online di Indonesia sudah berkembang dengan sangat pesat. Tidak terasa saat ini telah bermunculan berbagai platform toko online. Walaupun internet sudah berkembang dengan sangat pesat, tetapi masih banyak orang yang ragu-ragu dalam menggunakan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini terjadi mungkin karena kurangnya informasi yang mereka dapat tentang E-commerce dan cara penggunaannya. Selalu update informasi dan perkembangan seputar internet agar anda dapat memaksimalkannya sebagai sarana internet marketing bisnis anda.