Search

Segmentasi Pasar Dan Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis

Segmentasi Pasar Dan Manfaatnya Bagi Pelaku Bisnis

Sebuah bisnis startup atau usaha baru perlu menentukan target yang tepat, tujuannya tidak lain agar bisnis yang dijalankan tepat sasaran. Untuk itu diperlukan segmentasi pasar yang baik guna menentukan arah dan seperti apa target pasar yang anda bidik. Sayangnya, banyak pelaku bisnis yang kurang paham dengan segmentasi pasar. Semua dianggap sama, akibatnya bisnis menjadi kurang fokus dan tidak menemukan target utama untuk dijadikan sasaran pemasaran bisnis.

Dalam gambaran yang paling sederhana, segmentasi pasar adalah pembagian pasar sesuai dengan kesamaan, kemiripan, dan kekerabatan dalam satu segmen. Tujuan adanya segmentasi pasar adalah sebagai upaya untuk memusatkan pikiran serta energi marketing ke segmentasi pasar tertentu sehingga dapat menumbuhkan keuntungan yang maksimal terhadap segmen tersebut.

Segmentasi pasar memiliki manfaat bagi bisnis yang anda jalankan, berikut adalah manfaat penerapan dari segmentasi pasar untuk bisnis anda:

  1. Informasi Yang Jelas

Anda tidak perlu menebak-nebak dan membuat rencana bisnis berdasarkan opini dari banyak orang. Pasalnya semua informasi yang dibutuhkan sudah anda dapatkan. Dengan begitu maka anda dapat menentukan segmentasi pasar anda dengan baik dan dapat berjalan secara teratur.

  1. Proses Lebih Efektif

Anda akan memiliki peta segmentasi pasar  yang dibuat berdasarkan ketertarikan target anda, motivasi mereka, kondisi demografis, hingga kebiasaan belanja target pasar. Dengan demikian anda dapat menghemat waktu dan uang untuk merencanakan strategi pemasaran dari bisnis anda.

  1. Kerja Lebih Mudah

Selain melakukan email marketing yang tertarget, bila ditambah dengan segmentasi pasar anda akan semakin percaya diri untuk menawarkan produk yang pasti akan dilihat oleh target pasar anda.

  1. Mendapatkan Hasil Yang Lebih Baik

Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang motivasi target pasar anda, tentunya anda juga akan mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa menyia-nyiakan waktu dan tenaga untuk melakukan strategi yang kurang cocok dengan target pasar anda.

Target pasar dapat dilakukan setelah anda melakukan pemetaan dan mengidentifikasi pasar menjadi beberapa segmen. Setelah itu anda dapat mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen untuk kemudian memilih satu atau beberapa segmen pasar. Karena konsumen sangat heterogen, maka sebagai pelaku bisnis anda perlu mengelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar.

Dengan demikian, anda dapat mengembangkan produk yang tepat dan menentukan strategi pemasaran yang sesuai serta efisien dan mampu menyesuaikan harga bagi barang atau jasa yang ditawarkan bagi setiap target pasar.