Search

Sambut Kemeriahan Pesta Kesenian Bali Ulun Danu 10 Juni – 8 Juli 2017

Pulau Dewata Bali sebagai salah satu pintu masuk wisatawan asing sebentar lagi akan mempunyai perhelatan besar, pada tanggal 10 Juni hingga 8 Juli 2017 mendatang akan menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB). Acara yang sudah berlangsung ke 39 kalinya ini merupakan kebanggaan masyarakat Bali. Agenda rutin pemerintah Bali ini bisa menjadi tempat para seniman untuk menampilkan dan mengembangkan berbagai kreativitas seninya. Berbagai macam kesenian rakyat digelar di ajang Pesta Kesenian Bali tersebut.

Dalam usianya yang ke 39 tahun ini, Pesta Kesenian Bali (PKB) telah berhasil mengangkat citra Bali di mata dunia internasional. Karena pelaksanaannya yang berdurasi lama dan rutin diselenggarakan dari tahun ke tahun. Festival tersebut akan diadakan di Taman Budaya Art-Center Bali, dengan tema: Ulun Danu Melestarikan Air Sumber Kehidupan. Air merupakan simbol kehidupan itu sendiri, yakni amerta, merta, yeh, toya, tirta. Sedangkan Ulun Danu merupakan kearifan lokal tentang bagaimana kita memelihara, mengelola air sebagai sumber kehidupan dan penghidupan bagi manusia.

Pesta kesenian rakyat ini akan didukung oleh lebih dari 180 seniman dari berbagai daerah. Seniman yang mengikuti acara tahunan ini merupakan seniman yang merupakan pemenang dari tingkat kabupaten dan mewakili daerah masing-masing untuk menampilkan bakat dan seni yang dimilikinya. Berbagai pertunjukan seni dari masing-masing daerah, mulai dari seni tarian tradisional, kontemporer, pertunjukan wayang, musik dan lain-lain akan dipamerkan. Anda tidak perlu membayar tiket masuk, warga lokal serta wisatawan domestik dan mancanegara dapat menikmati suguhan kesenian tersebut secara gratis alias tidak berbayar. Event tahunan ini di gelar sebulan penuh tanpa jeda.

Pergelaran seni tari biasanya diadakan di Taman Budaya Arda Candra (Art Center) di sejumlah panggung, mulai dari panggung terbuka Arda Candra hingga panggung tertutup Ksirarnawa. Pementasan seni dimulai pada pukul 11.00 – 20.00 WITA dengan menampilkan sekitar 6-8 seni setiap harinya.

Berbagai jenis kerajinan daerah baik kerajinan penduduk setempat maupun kerajinan dari daerah-daerah lain dari luar pulau Bali akan dipamerkan di sini. Seperti kain endek, songket, batik, pakaian ke pura, alat-alat untuk sembahyang, kerajinan emas, perak, perunggu dan lain sebagainya serta banyak hal lengkap lainnya dapat anda temukan di Pesta Kesenian Bali (PKB). Tidak hanya itu, tempat untuk bersantap pun telah disediakan, berbagai macam makanan khas Bali dapat anda nikmati.

Di tempat terpisah, di kawasan ini disediakan ruang bagi para pedagang pakaian, makanan, bahkan juga area bermain untuk anak-anak. Sehingga tempat ini tidak akan membosankan bagi anda yang membawa keluarga atau anak-anak untuk berlibur menikmati pesta rakyat Bali.