Search

Review Keuangan Usaha Di Akhir Tahun Dan Cara Mengaturnya

Review Keuangan Usaha Di Akhir Tahun Dan Cara Mengaturnya

Tahun 2017 segera berakhir dalam hitungan hari. Lantas bagaimana dengan kondisi keuangan bisnis yang anda jalankan? Apakah target bisnis pada tahun ini tercapai? Ataukah perlu menjalankan strategi pemasaran yang lain agar target bisnis Anda dapat tercapai tahun depan?

Membuat rencana keuangan dalam bisnis memang mudah, tetapi apakah rencana tersebut sudah berjalan sesuai dengan rencana yang telah anda susun sebelumnya? Untuk itu anda perlu melakukan review keuangan usaha anda pada akhir tahun. Karena seringkali pelaku bisnis mengeluarkan dana di luar anggaran yang telah disusun sebelumnya. Jika target keuntungan belum dapat anda raih anda dapat membuat resolusi anggaran bisnis di awal tahun depan.

Apabila anda termasuk seorang pelaku bisnis yang sering melakukan kesalahan seperti ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengatur keuangan usaha agar kebiasaan tersebut tidak berlanjut setiap tahunnya. Artinya jika tidak ada perbaikan dalam pengelolaan keuangan usaha, sehingga target yang anda tentukan di awal tahun hanya lewat begitu saja tanpa ada target yang tercapai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Agar kegagalan usaha anda tidak terjadi lagi pada tahun berikutnya, perhatikan cara dalam mengatur keuangan usaha berikut ini:

  1. Jeli Dalam Melakukan Pembelian

Kebiasaan belanja tanpa rencana kerap kali jadi momok yang membuat pelaku bisnis mengalami kebangkrutan dalam menjalankan usahanya. Segera hentikan kebiasaan ini, pastikan alat dan perlengkapan yang anda beli merupakan barang-barang yang memang sangat dibutuhkan untuk bisnis anda. Jangan sampai perlengkapan yang anda beli hanya dibiarkan begitu saja tanpa meningkatkan pendapatan.

  1. Menyisihkan 10 Persen Hingga 20 Persen Laba Usaha Untuk Tabungan

Meski laba usaha telah anda sisihkan setiap bulannya, tapi pastikan 20 persen dari laba tersebut bisa anda sisihkan sebagai tabungan. Dana tersebut bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari, tapi juga bisa dijadikan sebagai dana cadangan jika seaktu-waktu terjadi hal buruk pada bisnis anda. Bedakan rekening bank untuk dana cadangan dan dana lama bisnis.

  1. Jangan Menambah Jumlah Hutang

Sekarang ini pelaku bisnis menjadi incaran empuk bagi pegawai bank yang menawarkan bantuan kredit modal usaha. Jika anda sudah mempunyai hutang pada bank, sebaiknya jangan menambah hutang lagi. Segera lunasi hutang tersebut dan hentikan kebiasaan berhutang agar kondisi keuangan bisnis anda dapat membaik di tahun depan.

  1. Tetap Jalankan Pola Hidup Hemat

Walaupun saat ini usaha anda sedang berkembang pesat dan banyak keuntungan yang anda dapatkan setiap bulannya. Tapi tetap jalankan pola hidup hemat. Baik dalam membelanjakan uang maupun dalam mengatur rencana keuangan usaha anda.

Jika kondisi keuangan bisnis anda, maka sudah saatnya anda harus membuat resolusi baru dari sekarang. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!