Search

Rahasia Mengatasi Konflik Yang Terjadi Dalam Sebuah Perusahaan

Rahasia Mengatasi Konflik Yang Terjadi Dalam Sebuah Perusahaan

Konflik antar individu adalah hal yang biasa terjadi bahkan di dalam lingkungan bisnis. Konflik yang sering terjadi biasanya adalah karena masalah komunikasi yang kurang baik. Perusahaan manapun, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil sekalipun pernah mengalami konflik di dalamnya. Sebuah konflik pada dasarnya adalah suatu proses saling mempengaruhi antara satu individu dengan individu lainnya.

Di sisi lain, dengan adanya sebuah konflik sebenarnya memiliki sisi positif yakni antar anggota perusahaan dapat saling mengenal karakter dan pribadinya masing-masing karyawan untuk menguji sejauh mana pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan yang bijaksana untuk mengatasi konflik di dalamnya.

Berikut beberapa rahasia mengatasi konflik yang terjadi dalam sebuah perusahaan:

  1. Mengakui Adanya Konflik

Dengan mengakui adanya konflik dalam sebuah perusahaan, dalam proses ini tidak hanya pimpinan perusahaan yang harus mengakui adanya konflik, namun juga semua pihak yang terkait atau terlibat konflik tersebut juga harus mengakui adanya konflik dalam perusahaan. Dengan mengakui adanya konflik tersebut, maka akan memudahkan proses pemecahan masalahnya.

  1. Mengidentifikasi Konflik

Dengan memulai mengidentifikasi konflik masalah secara mendalam. Dalam proses identifikasi konflik dibutuhkan pengelolaan emosi yang baik, bila dilakukan pengelolaan emosi yang baik maka konflik dalam perusahaan dapat diatasi dengan mudah. Apabila pengelolaan emosi tidak dilakukan dengan baik justru hal tersebut akan semakin memperkeruh konflik yang sedang terjadi.

  1. Sharing Pendapat Dan Saran

Dengan memperhatikan pendapat dan saran yang merupakan hasil pemikiran atau sudut pandang seseorang. Dalam proses saling tukar pendapat dan saran harus melibatkan semua pihak yang terlibat konflik. Dengan maksud agar pihak-pihak yang bersangkutan dapat saling mengungkapkan pendapatnya secara terbuka. Di dalam proses tersebut hendaknya masing-masing pihak menghindari kepentingan pribadi agar ranah pembicaraan tidak keluar dari jalur yang ingin dituju.

  1. Mencari Solusi

Setelah semua saran dan pendapat ditampung bersama-sama dengan pihak yang terlibat. Selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah dengan mencari sebuah solusi yang diharapkan tidak akan menimbulkan perpecahan dan tidak merugikan salah satu pihak yang terlibat didalamnya. Permasalahan atau konflik yang terjadi dalam perusahaan hendaknya dapat diatasi dengan baik. Dengan selalu menjaga komunikasi yang baik satu dengan yang lain, maka kemungkinan terjadinya konflik dapat diminimalisir.