Search

Prinsip Dasar Pelayanan Bisnis Tiket Online Pada Pelanggan

Dalam persaingan pasar yang ketat, adalah masuk akal untuk menyediakan pelayanan yang prima. Karena pelanggan mengambil keputusan untuk membeli produk yang anda jual melalui pelayanan yang mereka terima, bukan hanya dari sekedar harga, kualitas dan ketersediaan saja. Sebagai pemilik bisnis anda harus memperhatikan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang anda berikan. Jika mereka merasa puas, tentu mereka akan kembali lagi dan membeli produk yang anda jual.

Pelayanan terhadap pelanggan mempunyai nilai manfaat apabila anda memahami kebutuhan dari pelanggan, oleh karena itu penting untuk mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan pelanggan. Pelanggan seringkali menuntut untuk di mengerti meskipun mereka terkadang tidak mau mengerti keadaan atau kondisi yang menjadi kendala anda. Sehingga sebagai service provider anda harus mampu mengenali jenis karakteristik pelanggan agar dapat memahami berbagai perilaku pelanggan dengan latar belakang yang berbeda pula. Untuk itu anda perlu memperhatikan prinsip-prinsip dasar pelayanan pada pelanggan yang perlu anda ketahui sebagai berikut:

  1. Pusatkan perhatian kepada pelanggan

Pada dasarnya pelanggan akan senang apabila mereka diistimewakan, untuk itu penting bagi anda agar perhatian anda tidak terpecah ketika anda juga melayani pelanggan yang lain, sehingga pelanggan anda tidak merasa diabaikan.

  1. Berikan pelayanan yang efisien

Menggunakan waktu sewajarnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan secara singkat dan jelas tanpa bertele-tele.

  1. Menjaga harga diri pelanggan

Harga diri pelanggan adalah segala-galanya, usahakan menyebut nama penumpang dari pembeli tiket online yang anda jual sesering mungkin tanpa terkesan menggurui.

  1. Bina hubungan baik dan harmonis dengan pelanggan

Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perhatian menunjukkan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan dari pelanggan.

  1. Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

Kepercayaan pelanggan adalah pondasi bagi bisnis anda agar berjalan dengan baik, dengan memberikan informasi produk yang anda jual secara akurat dan memberikan harga yang sewajarnya akan membuat pelanggan percaya pada anda.

  1. Ketahui keinginan pelanggan

Agar pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat sesuai, anda perlu mengetahui keinginan pelanggan dengan bertanya langsung kepada pelanggan sebagai masukan dan saran bagi bisnis tiket online anda.

  1. Menjelaskan pelayanan yang bisa anda berikan pada pelanggan

Menjelaskan jasa pelayanan dan keuntungan serta fasilitas-fasilitas dari produk yang anda jual pada pelanggan dengan tujuan untuk menghindari salah pengertian pelanggan tentang bisnis tiket online yang anda jalankan.

Dengan memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan bisnis tiket online anda, dapat membuat bisnis yang anda jalankan lebih menonjol dari pesaing anda. Hal ini dapat menjadi strategi utama bisnis anda dalam menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.