Search

Pola Hubungan Kemitraan Usaha

Pola Hubungan Kemitraan Usaha
Kemitraan adalah kerjasama antara usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha besar yang disertai dengan pembinaan untuk pengembangan usaha baik oleh usaha menengah maupun usaha besar dengan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Di mana pelaku bisnis tersebut berusaha untuk mencapai tujuan bisnis bersama. Dalam pengembangan hubungan kemitraan ini menghasilkan beberapa pola, yaitu:
  1. Inti Plasma
Adalah hubungan kemitraan antara usaha kecil dan usaha menengah atau usaha besar. Di mana usaha menengah atau usaha besar bertindak sebagai inti dan usaha kecil selaku plasma. Perusahaan ini menjalankan pembinaan terhadap usaha kecil mulai dari penyediaan dan penyiapan lahan, penyediaan alat produksi, bimbingan teknis, sampai pemasaran hasil produksi.
  1. Sub-kontrak
Yaitu pola kemitraan antara usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha besar. Pola ini ditandai dengan adanya kesepakatan tentang kontrak bersama menyangkut volume, harga, mutu dan waktu.
  1. Dagang Umum
Adalah hubungan kemitraan antara usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha besar, di mana usaha menengah atau usaha besar memasarkan hasil produksi atau usaha kecil yang memasok kebutuhan yang diperlukan oleh usaha menengah atau usaha besar mitranya. Dalam kegiatan besar pada umumnya, kemitraan antara usaha besar atau menengah dengan usaha kecil dapat berlangsung dalam bentuk kerjasama pemasaran produk.
  1. Waralaba
Adalah di mana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut. Hubungan kemitraan yang di dalamnya pemberi waralaba dengan disertai bantuan bimbingan manajemen. Pemberi hak waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain yaitu kepada penerima waralaba yang berupa badan usaha atau perorangan yang akan menjalankan usaha tersebut secara mandiri.
  1. Keagenan
Adalah hubungan kemitraan yang di dalamnya berupa usaha kecil yang diberi hak khusus untuk memasarkan barang dan jasa usaha menengah atau usaha besar mitranya.
  1. Pola Kemitraan Kerjasama Operasional
Yaitu pola bisnis yang dijalankan oleh kelompok mitra dengan perusahaan mitra. Perusahaan mitra sebagai penjamin pasar dengan meningkatkan nilai tambah produk melalui pengolahan dan pengemasan. Pola ini sering diterapkan pada usaha perkebunan atau peternakan. Dalam pola ini telah diatur tentang kesepakatan pembagian hasil dan resiko.
  1. Franchise
Merupakan hubungan antara pemilik nama franchise (franchisor) dengan pembeli franchise (franchisee), yang menjual lisensi beserta atributnya kepada pelaku bisnis.