Search

Persiapan Yang Dilakukan Oleh Pesawat Sebelum Terbang

Persiapan Yang Dilakukan Oleh Pesawat Sebelum Terbang
Perkembangan dunia penerbangan kian pesat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai penerbangan baik domestik maupun mancanegara. Demikian juga dengan persiapan pesawat yang akan melakukan sebuah penerbangan di bandara. Jauh sebelum penumpang pesawat sampai di bandara, persiapan-persiapan sebelum terbang sudah di lakukan. Para teknisi pesawat mengecek dan memastikan pesawat dalam keadaan baik tanpa kesalahan teknis atau mengalami kerusakan pesawat sebelum penerbangan di lakukan. Demikian juga dengan petugas Dispatcher Operasi, mereka menyiapkan dan membuat jadwal penerbangan. Di pihak lain awak kabin dan pilot melakukan serangkaian pemeriksaan keamanan dan kesiapan pesawat di dalam kabin dan memastikan semua perlengkapan keselamatan penerbanga sudah tersedia dan memenuhi standar. Pada saat tahapan pengecekan pesawat, penumpang sudah mulai berdatangan di bandara. Setelah segala sesuatunya siap, penumpang siap untuk diberangkatkan. Berikut adalah tahapan-tahapan yang di lakukan oleh pesawat sebelum take off:
  • Pemeliharaan pesawat
Setiap hari para teknisi pemeliharaan pesawat berlisensi (License Aircraft Maintenance Engineers/AMEs) melakukan serangkaian program pemeliharaan pesawat untuk memastikan keselamatan yang berkelanjutan. Serangkaian pengecekan di lakukan, antara lain: pengecekan tekanan ban, inspeksi ada tidaknya kebocoran fluida, dan mengecek rusak tidaknya struktur pesawat maupun fungsi sistem dan kontrol pesawat. Apabila kelainan-kelainan ditemukan di dalam pesawat, maka AMEs akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga agar pesawat selalu dalam kondisi layak terbang.
  • Merencanakan penerbangan
Beberapa jam sebelum take off petugas dispatcher menyiapkan rencana terbang, mengkaji rute yang akan dilalui, ketinggian terbang, bahan bakar, dan kondisi cuaca selama penerbangan yang didalamnya termasuk informasi detail kondisi cuaca pada airport tujuan.
  • Mengamankan pesawat
Customer service, petugas bagasi dan petugas bandara lainnya mengamankan pintu pesawat, pintu palka, jembatan penghubung masuk yang akan dilalui penumpang. Mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan agar tidak masuk ke dalam pesawat sebelum penerbangan dilakukan. Hanya petugas yang berhak melakukan pengecekan dan memasukkan kargo ke dalam pesawat.
  • Persiapan darat
Petugas membersihkan toilet pesawat, dan mengisi air ke dalam pesawat. Banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan selama penerbangan di isi melalui truk tangki bakan bakar.
  • Pengecekan penumpang
Petugas bandara melakukan pengecekan penumpang dan barang bagasi masing-masing penumpang sebelum masuk ke dalam pesawat.
  • Briefing awak kabin
Pilot dan awak kabin melakukan briefing penuh untuk menyiapkan penerbangan terkait dengan alat dan elemen keselamatan yang ada dalam pesawat.
  • Persiapan dalam kabin pilot (flight deck)
Ketika pilot dalam flight deck, mereka melakukan rencana penerbangan dalam navigasi komputer, melakukan pengecekan alat keselamatan dalam kokpit dan persiapan terbang. Dan memastikan mereka dalam satu arahan keselamatan yang sama.
  • Pre-Boarding
Awak kabin membantu para penumpang yang membawa anak-anak dan penumpang dengan perlakuan khusus untuk masuk ke dalam pesawat terlebih dahulu. Setelah semua penumpang sudah memasuki pesawat dan semua bagasi telah dimasukkan ke dalam kabin tempat penyimpanan atau di bawah kursi masing-masing, serta pintu pesawat dan demo keselamatan telah ditunjukkan oleh pramugari. Maka penerbangan pun siap di lakukan.