Search

Persiapan Fisik Agar Mudik Lebaran Tetap Fit

Persiapan Fisik Agar Mudik Lebaran Tetap Fit

Mudik adalah kegiatan pulang kampung halaman yang dilakukan ketika menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri. Dibandingkan dengan hari besar keagamaan lainnya, mudik lebaran menjadi moment paling berkesan karena hampir semua orang melakukannya. Sukacita berkumpul bersama keluarga, teman dan sahabat di kampung halaman.

Mengingat anda akan melakukan perjalanan dilakukan pada saat puasa, tentu akan berbeda. Agar fisik anda sehat selama perjalanan mudik, anda harus berperilaku sehat. Perilaku sehat ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Dengan kesehatan fisik yang prima, maka perjalanan panjang dapat ditempuh dengan aman. Agar kondisi tubuh anda tetap fit selama perjalanan, sebaiknya anda lakukan beberapa tips kegiatan di bawah ini agar tubuh anda tetap bugar:

  1. Olahraga ringan tapi rutin

Lakukan jalan kaki kecil saat subuh dari rumah ke mushola atau masjid terdekat. Karena udara pagi yang masih bersih baik untuk kesehatan, sehingga badan akan lebih ringan dan sehat.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Hindari makanan berminyak dan pedas serta kurangi minuman es. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sebisa mungkin hindari dalam membeli makanan sembarangan saat berbuka puasa.

  1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur atau jam tidur terbalik membawa efek buruk bagi kesehatan anda, segeralah beristirahat jika sudah tidak ada yang perlu anda kerjakan lagi. Minimal 7 – 8 jam sebelum berangkat, agar tubuh anda bugar selama perjalanan.

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik anda, meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik lengkap.

  1. Membawa obat-obatan atau P3K

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya bawa obat-obatan yang anda perlukan, karena jika anda kambuh dalam perjalanan mudik tentu tidak akan terasa nyaman.

  1. Jangan biarkan anak-anak anda bermain sehari penuh sebelum berangkat mudik

Jika anak anda berlebihan dalam bermain, tentu akan menyebabkan kelelahan bahkan bisa jatuh sakit. Hal ini tentu saja akan  mengganggu rencana mudik perjalanan anda.

Kesiapan fisik dan mental pemudik adalah satu sisi dari upaya untuk membuat mudik lebaran menjadi aman dan nyaman. Selain menjaga kesehatan fisik, anda juga perlu menjaga kesiapan psikis, Mudik lebaran yang melelahkan seringkali membuat anda merasa jenuh bahkan emosi saat menghadapi arus lalu lintas yang macet.