Search

Persiapan Fisik Agar Dapat Menjalankan Ibadah Puasa Dengan Lancar

Persiapan Fisik Agar Dapat Menjalankan Ibadah Puasa Dengan Lancar

Bulan Ramadhan sudah ada di depan mata. Saat bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan melaksanakan puasa satu bulan penuh. Persiapan menyambut bulan Ramadhan sangatlah penting sebab berpuasa bukan ibadah yang mudah. Tidak hanya menyiapkan mental saja, persiapan fisik sebelum bulan Ramadhan juga harus dilakukan. Dengan fisik yang kuat dan sehat, tentu kita akan dapat menjalankan ibadah puasa dengan dengan lancar.

Meski masih kurang dalam hitungan hari, lebih baik lakukan persiapan fisik berikut agar nantinya dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar:

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi tidak harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan saja, tetapi juga harus dilakukan setiap hari. Namun untuk menyambut bulan puasa maka mengkonsumsi makanan bergizi harus lebih diperhatikan lagi. Hal itu perlu dilakukan agar fisik tetap terjaga sampai saatnya berpuasa nanti. Ada baiknya jangan mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak terlalu banyak, karena bisa membuat panas dalam dan mengganggu puasa nantinya.

  1. Istirahat Yang Cukup

Meskipun berpuasa, tetapi aktivitas sehari-hari juga tetap berjalan seperti biasanya. Baik sekolah, kuliah, maupun bekerja tentu harus tetap menjaga badan agar tetap fit untuk tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh pun akan cukup kuat dalam menjalankan ibadah puasa dan beraktivitas sehari-hari seperti biasanya. Jika kita kurang tidur, maka tubuh akan terasa lemas dan lelah. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih sangat besar kegunaannya bagi tubuh, tidak hanya menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga bisa membuat penampilan menjadi lebih segar. Karena pada saat puasa tubuh kita akan kekurangan air. Tidak hanya berakibat kurang fokus saja, tetapi dehidrasi juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering.

  1. Kurangi Makanan Yang Mengandung Gula Berlebih

Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, seperti cokelat, soda, es krim, brownies, dan permen. Makanan yang manis akan menyebabkan kenaikan kadar gula dalam tubuh secara tiba-tiba, kondisi seperti itu menambah tenaga secara tiba-tiba, namun setelah efeknya hilang tubuh akan menjadi cepat lemas dan lesu.

  1. Makan Buah-Buahan Dan Sayuran

Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin, ini akan membantu proses dalam mengurangi jumlah racun sehingga pencernaan menjadi bersih.

  1. Melakukan Yoga atau Jalan Santai

Cobalah untuk melakukan yoga atau jalan santai, untuk menjaga agar sistem peredaran darah tetap berjalan dengan baik selama bulan puasa. Namun sesuaikan dengan tingkat aktivitas sehari-hari anda sejak sebelum masuk bulan puasa, agar tubuh tidak kaget saat mulai berpuasa.