Search

Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Secara Online

Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Secara Online

Untuk memulai bisnis online, anda harus mengetahui perilaku dari konsumen. Hal ini sangat anda butuhkan agar anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Dengan memahami perilaku konsumen maka anda akan dapat memberikan kepuasan pada konsumen anda. Karena itu konsumen merupakan aset paling berharga bagi anda, tanpa dukungan dari konsumen, bisnis online anda tidak dapat berkembang.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam melakukan pembelian, maka posisikan diri anda sebagai pembeli. Meskipun tidak semua perilaku konsumen dalam mengambil keputusan, memerlukan tingkat keputusan yang sama. Namun dalam pengambilan sebuah keputusan pasti terdapat alternatif pilihan yang berdasarkan keterlibatan pembeli dan perbedaan antara berbagai merek.

Terdapat empat jenis perilaku konsumen dalam membeli produk secara online, antara lain:

1. Complex Buying Behaviour
Konsumen menyadari ada perbedaan antara berbagai merek. Biasanya konsumen tidak begitu mengetahui tentang keunggulan suatu produk, sehingga memerlukan proses belajar terkait dengan produk tersebut. Untuk selanjutnya konsumen akan melakukan perbandingan dan mempelajari produk tersebut dan membuat keputusan bijaksana dalam membeli sebuah produk.

2. Dissonance Reducing Buyer Behaviour
Perilaku ini terjadi di mana konsumen terlibat dalam suatu pembelian dengan cara tidak melihat perbedaan merek. Konsumen secara langsung akan mempelajari apa yang telah tersedia untuk kemudian mengambil keputusan cepat dengan membeli sebuah produk.

3. Habitual Buying Behaviour
Hal ini didasarkan pada perilaku konsumen menurut kebiasaan ketika terlibat dengan pembelian sebuah produk. Karena itu konsumen tidak mencari informasi mengenai merek, mengevaluasi karakteristiknya, dan dalam membuat keputusan yang tidak terlalu mengambil pertimbangan yang lama mengenai merek yang akan dibelinya.

4. Variety Seeking Buying Behaviour
Konsumen memiliki perilaku membeli dengan mencari variasi ketika terlibat dalam suatu pembelian dengan banyaknya perbedaan merek. Karena itu konsumen banyak melakukan peralihan merek. Bukan untuk alasan ketidakpuasan terhadap merek yang pernah dibeli sebelumnya. Melainkan lebih menginginkan variasi yang berbeda.

Sebelum melakukan pembelian terhadap sebuah produk, konsumen akan cenderung mencari informasi terkait dengan produk yang akan dibelinya.

Untuk itu bagi anda yang ingin memulai bisnis online, anda harus mengetahui jenis informasi yang digunakan konsumen untuk menentukan berbagai merek yang dipertimbangkan untuk dipilih dengan kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah merek atau produk tersebut dengan beberapa merk lain yang dikenal oleh konsumen. Sedangkan kriteria untuk mengevaluasi produk biasanya dipertimbangkan berdasarkan dengan melihat pentingnya dan manfaat dari produk tersebut.