Search

Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Email Marketing Anda Berjalan Sesuai Target

Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Email Marketing Anda Berjalan Sesuai Target

Email marketing merupakan salah satu cara dalam digital marketing atau pemasaran digital dengan menggunakan bantuan email. Email tersebut nantinya akan dikirim pada pelanggan-pelanggan maupun mitra bisnis dalam rangka menawarkan produk yang dijual, metode ini terbilang cukup efektif dalam menarik minat pelanggan dan mitra bisnis. Email marketing berisikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan maupun mitra bisnis anda. Penggunaannya mudah dan praktis, membuat email marketing menjadi metode pemasaran yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis.

Email marketing dapat menjangkau pasar secara luas dan juga hanya membutuhkan biaya minim dalam memasarkan produk menjadi alasan pelaku bisnis online untuk menggunakan teknik pemasaran melalui email marketing ini. Karena di era modern dengan teknologi yang semakin maju ini hampir semua orang memiliki email untuk beragam keperluan, baik keperluan kerja, bisnis, sosial media hingga untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Dengan adanya email marketing membuat pelaku bisnis online dapat terjun langsung dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Lalu bagaimana cara membuat email marketing yang efektif? Untuk menunjang kegiatan promosi anda melalui email marketing, perhatikan hal-hal berikut ini agar promosi produk melalui email marketing dapat efektif mengenai sasaran:

  1. Data Akurat

Selalu berikan data yang akurat dan benar adanya tentang produk yang anda tawarkan, tidak ada yang ditutupi sehingga pelanggan merasa puas karena bekerjasama dengan anda.

  1. Pertimbangan Kebiasaan Pelanggan

Kebiasaan pelanggan juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan efektivitas dari email marketing. Untuk mengetahui kebiasaan pelanggan dalam hal email marketing, anda perlu melakukan survei.

  1. Lebih Kreatif

Banyak hal yang bisa anda jadikan ide untuk menjadi lebih kreatif ketika menggunakan email marketing, seperti menambahkan gambar menarik, video, desain pilihan, hingga menciptakan sesuatu yang unik agar website online anda mampu menarik banyak perhatian pelanggan. Untuk lebih mudahnya anda dapat mengajak pelanggan untuk mengunjungi website anda melalui email marketing.

  1. Memberikan Kesan Pertama Yang Menarik

Kesan pertama cukup penting untuk memberikan pandangan sementara seperti apa isi email marketing anda, caranya dengan memanfaatkan judul email marketing sebagai kesan pertama bagi para pelanggan baru. Gunakan kata-kata yang menarik hati dan mampu menarik perhatian pelanggan. Pilih kata-kata yang dapat membuat pelanggan anda terhipnotis untuk membuka email marketing yang telah anda kirimkan tersebut.

  1. Judul Menarik

Judul email (subject) memberi peranan penting untuk menarik perhatian pelanggan. Membuat judul yang menarik seolah-olah orang lain ingin sekali tahu mengenai informasi apa yang ada dalam email marketing tersebut. Judul yang menarik biasanya adalah berupa pertanyaan yang bersifat yang bersifat umum, bukan judul yang mengandung kata-kata promosi sebuah produk, seperti: “Ingin tahu cara meningkatkan penjualan dalam bisnis tiket online?”. Dengan adanya pertanyaan tersebut, pelanggan menjadi penasaran dan berusaha mencari tahu jawabannya dengan membuka email marketing anda.

  1. Pemilihan Waktu Pengiriman Email marketing

Seringkali anda tidak tahu waktu yang tepat untuk mengirim email marketing, seringkali hasil yang didapat adalah banyak email yang tidak terbaca. Oleh karena itu anda harus tahu waktu yang tepat untuk mengiriimnya, dan waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing adalah antara jam 19.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Karena pada waktu-waktu tersebut adalah jam istirahat sehingga mereka lebih fokus dalam membaca email yang telah anda kirimkan.

Dari berbagai cara efektif di atas agar email marketing yang dikirim dapat memberikan respon kembali sesuai dengan target, dalam email marketing sebaiknya dibuat dengan judul yang menarik, tujuan email dan nama pelanggan yang jelas serta data produk yang akurat, isi email yang singkat disertai dengan tautan yang mengarahkan pada website yang berisikan detail produk, dengan mencantumkan nama perusahaan juga nomor telepon yang dapat dihubungi untuk mendapatkan respon dari pelanggan jika mereka tertarik dengan produk tersebut.