Search

Perbedaan Antara E-commerce Dan E-business

Perbedaan Antara E-commerce Dan E-business

E-business merupakan salah satu dari bagian perkembangan teknologi internet dan gadget. Mungkin sebutan e-business tidak sepopuler e-commerce namun sama-sama mempunyai peranan penting bagi proses transaksi dalam layanan bisnis. E-business merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data secara internal maupun eksternal dengan lebih efisien dan fleksibel. E-business banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier dan mitra bisnis serta memenuhi permintaan dan melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.

E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dan komputer untuk menjalankan kegiatan bisnis. Tidak hanya transaksi penjualan dan pembelian saja, tetapi juga melingkupi pertukaran komunikasi, informasi, riset dan sebagainya. Secara garis besar E-business merupakan sebuah bentuk bisnis yang dikembangkan dan juga ditempatkan pada sebuah sistem elektronik yaitu jaringan komputer yang terhubung dengan internet. Biasanya sistem E-business mencakup all in one, dimana seluruh proses transaksi, marketing, dan lainnya menjadi satu.

Ada beberapa ciri E-business:

  1. E-business memiliki cakupan program yang luas, bukan hanya proses transaksi jual beli saja.
  2. E-business hanya memiliki sebuah kantor pusat atau kantor perwakilan untuk memanage seluruh bisnis yang dikembangkan.
  3. E-business memiliki banyak feature yang sangat lengkap, mulai dari tim pemasaran, tim IT, maintenance dan sebagainya.
  4. E-business dapat dilihat atau dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan e-commerce.

Pada dasarnya E-business dan E-commerce dapat dibedakan dengan mudah, hampir semua E-commerce adalah bagian dari E-business. Perbedaan antara kedua layanan tersebut antara lain:

  1. E-business mencakup area yang luas, mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia dan teknologi, proses pemasaran, manajemen perkantoran, dan berbagai macam elemen lainnya.
  2. E-commerce merupakan bagian kecil dari sebuah E-business, jika diibaratkan sebagai manusia, maka E-business adalah seluruh bagian tubuh manusia, sedangkan E-commerce adalah bagian kecilnya saja seperti bagian kaki kanan atau kaki kirinya saja.
  3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan juga kemampuan analisa dalam pemasaran dan transaksi saja. Sedangkan E-business membutuhkan pertimbangan matang dari berbagai aspek, dari aspek produksi hingga aspek pemasarannya.

E-commerce dan E-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana untuk mempromosikan produk, baik barang maupun jasa melalui internet.