Search

Penyebab Konflik Dalam Sebuah Perusahaan

Penyebab Konflik Dalam Sebuah Perusahaan
Dunia usaha adalah tempat bertemunya banyak orang, mulai dari pengusaha, karyawan, mitra bisnis, investor, pegawai pemerintahan, dan sebagainya. Baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil pernah mengalami konflik di dalamnya. Konflik yang muncul biasanya dari tingkat individu, kelompok, hingga tingkat unit. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa oleh individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya menyangkut kepandaian, pengetahuan, adat-istiadat, keyakinan, dan sebagainya. Proses yang timbul dari konflik dikarenakan salah satu pihak merasa bahwa pihak lain memiliki pendapat yang berbeda atau persepsi yang berbeda dengan pihak lainnya. Konflik usaha dapat diartikan dengan ketidaksesuaian antara dua atau lebih anggota pada bagian usaha yang timbul karena adanya perbedaan pendapat, tujuan, modal usaha dan lain sebagainya. Dalam dunia usaha, konflik dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:
  1. Konflik Intrapersonal
Adalah pertentangan yang ada dalam diri seseorang saat memiliki dua keinginan yang berbeda di waktu yang sama.
  1. Konflik Interpersonal
Adalah suatu pertentangan antara dua orang karena perbedaan keinginan atau kepentingan. Bisa terjadi karena dua orang tersebut memiliki perbedaan status sosial, jabatan, bidang kerja dan sebagainya.
  1. Konflik Antar Individu Dan Kelompok
Yaitu pertentangan antara seseorang dengan kelompok, karena memiliki perbedaan pendapat dalam satu bidang usaha. Setiap perusahaan menginginkan perusahaannya berdiri dengan baik, namun penuh dengan tantangan yang menjanjikan. Setiap perusahaan menginginkan hal tersebut untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. Di dalam suatu perusahaan, tentu menginginkan pemahaman dan pendapat yang bisa memajukan perusahaan. Faktor penyebab konflik dalam sebuah perusahaan antara lain:
  1. Saling Ketergantungan
Saling ketergantungan dalam bekerja dapat menyebabkan konflik, jika salah satu pihak berhalangan tidak dapat membantu, akan membuat pihak lain tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membuat perselisihan antara personal yang satu dengan yang lainnya.
  1. Perbedaan Tujuan
Perbedaan tujuan yang terdapat antara satu bagian dengan bagian lainnya yang tidak sepaham bisa menjadi penyebab munculnya konflik.
  1. Perbedaan Pendapat Dan Persepsi
Dalam hal menghadapi suatu masalah, adanya perbedaan pendapat atau persepsi yang timbul dalam sebuah perusahaan inilah yang menyebabkan timbulnya konflik. Jika konflik yang terjadi dalam sebuah perusahaan tidak segera diatasi, maka dapat mengakibatkan masalah menjadi semakin besar dan rumit.