Search

Pentingnya Etika Dalam Bisnis Online

Pentingnya Etika Dalam Bisnis Online
Setelah anda menentukan jenis produk yang akan anda pasarkan dalam bisnis online. Salah satu kunci sukses dalam berbisnis online adalah etika, kenapa etika diperlukan dalam bisnis online? Karena anda dengan konsumen tidak saling bertatap muka secara langsung dalam bertransaksi, sehingga untuk meyakinkan konsumen, anda harus memahami dulu tentang etika ini agar konsumen tidak kecewa dengan pelayanan anda. Hal ini untuk menjaga hubungan baik antara anda dan konsumen. Etika bisnis dapat menjadi standar atau pedoman bagi anda dalam menjalankan bisnis anda. Penerapan etika bisnis ini adalah akan menambah nilai plus atau keuntungan sendiri baik dalam jangka waktu yang panjang maupun menengah. Selain itu penerapan etika bisnis ini juga berfungsi membangkitkan motivasi pebisnis agar dapat menciptakan keunggulan dalam bersaing. Berikut beberapa prinsip etika bisnis yang perlu anda ketahui:
  1. Jujur dalam berbisnis
Berikan informasi yang sebenar-benarnya mengenai bisnis online anda serta produk apa yang anda tawarkan. Cantumkan nama jelas, alamat, nomor telepon, email serta berbagai informasi lain yang berkaitan dengan produk barang yang dibutuhkan oleh konsumen anda.
  1. Integritas
Integritas yang dimaksudkan dalam hal ini adalah konsistensi, pemikiran, dan perbuatan selalu selaras dan seimbang dengan standar yang telah anda tetapkan.
  1. Memenuhi janji serta komitmen yang telah dibuat
Seorang pebisnis akan mendapatkan kepercayaan apabila dia dapat memenuhi komitmen serta janji yang telah dia buat.
  1. Hindari tagging serta broadcast tanpa meminta ijin kepada orang atau teman anda yang memiliki akun sosial media. Hal tersebut akan mengganggu kenyamanan teman atau pemilik akun.
  1. Jangan menulis atau menyebarkan produk atau jasa yang anda jual di wall atau timeline milik orang lain, karena hal tersebut merupakan spamming.
  2. Hindari menghujat produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pesaing anda. Akan lebih baik jika anda menyediakan kolom testimoni dari pengguna produk yang anda tawarkan.
  3. Dalam berbisnis diperlukan respon yang cepat. Sediakan waktu anda untuk menjawab berbagai pertanyaan dan komplain dari konsumen dengan bijaksana.
Itulah beberapa etika dalam berbisnis online, karena dalam menjalankan bisnis, etika merupakan kunci utama yang harus dipegang. Jika etika bisnis diterapkan dengan baik, tentu masyarakat dan konsumen akan memberikan penilain yang baik terhadap bisnis yang anda jalankan.