Search

Pengertian Tentang Online Travel Agent (OTA) Dan Jenis Travel Agen

Perkembangan jaman semakin memudahkan dalam beraktivitas, kemudian menjadikan segala sesuatu menjadi cepat dan memotong waktu menjadi lebih pendek. Kebutuhan baru muncul di segala aspek kehidupan, salah satunya adalah kebutuhan akan kepraktisan. Hal inilah yang selalu menjadikan bisnis konvensional berevolusi ke ranah digital, untuk mengembangkan pangsa pasarnya secara lebih luas lagi.

Hal tersebut juga terjadi dalam bisnis travel, kemajuan jaman membuat orang ingin bisa memenuhi persiapan perjalanannya agar lebih cepat dan mudah. Jika dulu orang selalu mengandalkan travel agen atau agen tiket yang ada di bandara atau pusat bisnis, kini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Online Travel Agent (OTA).

Pada dasarnya OTA memiliki lingkup bisnis selayaknya travel agen konvensional. Hanya saja OTA layanannya berbasis digital, di mana transaksi layanan informasi, jual beli, dan pembayaran terjadi melalui online. Travel agen menyediakan berbagai pelayanan kepada para konsumen termasuk pembelian tiket pesawat, booking, dan reservasi hotel atau resort, membuat jadwal rencana perjalanan wisata juga memberikan informasi akurat terkait produk jasa yang akan di beli oleh konsumen.

Travel agen di lihat dari pangsa pasarnya di bagi menjadi dua, yaitu:

1. Offline Travel Agent

  • Local Travel Agent

Pengertian local travel agen yaitu travel agen yang berlokasi di daerah atau negara yang sama dengan tempat tinggal konsumen.

  • Overseas Travel Agent

Pengertian Overseas Travel Agent yaitu travel agen yang berlokasi di wilayah yang terpisah oleh lautan, negara bahkan benua dari tempat tinggal konsumen.

2. Online Travel Agent

Adalah salah satu jenis travel agen yang seluruh kegiatan transaksinya dilakukan secara online. Jenis travel agen ini menyediakan layanan reservasi online dan sarana yang dibutuhkan oleh konsumen dalam melakukan perjalanan. Tugasnya di sini sebagai perantara yang dipercaya dan konsultan perjalanan yang menyediakan akomodasi dan tiket perjalanan dengan melakukan promosi secara online.
Bisnis travel agen merupakan salah satu bisnis yang berpotensi tinggi. Setiap tahun minat masyarakat terhadap perjalanan wisata dengan menggunakan jasa travel agen semakin meningkat. Namun demikian, perlu kejelian dalam mencari celah bisnis travel agen ini agar semakin berkembang, apa yang ditawarkan harus tepat agar konsumen memilih produk jasa yang dijual.