Search

Pengertian Tentang Email Marketing Dan Tipe Email Marketing

Pengertian Tentang Email Marketing Dan Tipe Email Marketing
Pada jaman teknologi seperti sekarang ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam kepentingan, baik untuk pekerjaan, bisnis, media sosial hingga transaksi online. Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing untuk menawarkan langsung produk yang anda jual ke email calon pelanggan dan dapat langsung dibaca oleh mereka. Email marketing menjadi suatu kebutuhan dalam proses pemasaran suatu bisnis. Selain membuat website atau blog, membuat iklan baik melalui media cetak dan media online, anda juga bisa mengirimkan penawaran dan promosi bisnis melalui sebuah email. Email marketing memang sedikit berbeda dengan email yang biasa kita gunakan. Dari segi susunan kata dan kalimat konten yang mengisi pun berbeda dengan email biasanya. Email marketing ini dikirimkan kepada calon konsumen yang belum pernah membeli produk dan juga kepada konsumen yang sudah menjadi pelanggan. Email marketing dikemas secara kreatif dan lebih mengarah pada soft selling. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon konsumen, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan melalui news letter. Dengan email marketing pelaku bisnis dapat selalu terhubung dengan pelanggan atau pun calon konsumen mereka secara terus menerus. Email marketing dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang. Ada beberapa jenis email marketing yang di lakukan oleh para pelaku bisnis online, diantaranya:
  1. Direct Email
Direct Email adalah pesan yang anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut berisi pesan penawaran atau promosi. Direct Email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik. Cukup banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan direct email dengan mengirimkan email penawaran atau promosi secara bertubi-tubi, sehingga terkesan jika email yang dikirimkan tersebut adalah SPAM. Pendekatan yang salah (spam) kepada pelanggan atau calon konsumen bisa berakibat buruk. Misalnya pelanggan lama atau calon konsumen akan menghapus bahkan memblokir email anda dari daftar email mereka.
  1. Retention Email
Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis yang anda jalankan. Isi pesan retention email biasanya bertujuan menjaga hubungan baik antara pelaku bisnis dengan para pelanggan. Dengan begitu akan lebih mudah dalam menawarkan produk atau jasa baru kepada pelanggan melalui pendekatan yang berbeda. Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan informasi yang bermanfaat atau tips menarik yang memang penting untuk diketahui oleh pelanggan. Pelanggan yang senang dengan isi email anda akan terus loyal sehingga akan membantu menumbuhkan bisnis anda.
  1. Newsletter
Newsletter adalah email marketing yang lebih rumit, namun email jenis ini mengalami banyak keunggulan, karena memberikan update terbaru tentang produk dan harga yang anda jual serta informasi penting lainnya yang berkaitan dengan bisnis anda.
  1. Digest Email
Digest email adalah email marketing yang dihasilkan oleh list mailing elektronik. Dengan email ini pelaku bisnis bisa membatasi jumlah penerima email dan waktu pengiriman email. Dengan demikian, maka akan lebih mudah diatur dan konsumen pun tidak merasa terganggu dengan email yang terlalu sering. Untuk menulis sebuah email marketing yang berisikan penawaran bisnis, anda tidak harus mengerti dan membuat konten yang rumit untuk email tersebut. Tapi setidaknya anda harus tahu tentang bagaimana menyusun email marketing. Dengan menggunakan email marketing yang baik maka anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan target.