Search

Pengertian Singkat Dan Beberapa Hal Pokok Dalam Search Engine Optimization

Pengertian Singkat Dan Beberapa Hal Pokok Dalam Search Engine Optimization
Memiliki blog atau website saja belum cukup dalam melakukan pemasaran produk bagi pelaku bisnis online. Walaupun terlihat mudah dan simple, namun sebagai pelaku bisnis anda harus menguasai satu teknik pemasaran yang cukup penting yaitu SEO. Lalu apa yang dimaksud dengan SEO? SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Optimasi Mesin Pencari. Lalu apa kegunaan SEO bagi pelaku bisnis online? Dalam bisnis, kepopuleran sebuah toko atau produk adalah sebuah hal penting. Semakin populer nama bisnis online dan produk yang anda jual, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya. SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik memaksimalkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Kata kunci harus ditempatkan di dalam konten/artikel yang anda buat. Teknik ini bisa mempopulerkan blog atau website anda. Cara kerja SEO ini adalah dengan menempatkan blog atau website anda di jajaran teratas dalam daftar mesin pencarian seperti Google, Yahoo Search, Bing, Mozilla Firefox dan lain sebagainya. Sehingga akan berpeluang untuk mendapatkan pengunjung yang sedang mencari informasi produk terkait yang akan dibelinya. SEO (Search Engine Optimization) memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang sebuah blog/website. SEO menjadi teknik untuk meningkatkan popularitas sebuah blog/website. Ketika halaman website anda menempati posisi pertama di situs pencarian maka traffic pengunjung website anda akan akan meningkat dan mempengaruhi jumlah pengunjung. Kelebihan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization):
  • Meningkatkan kunjungan website dari mesin pencari
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan peluang transaksi atau penjualan produk jasa yang anda tawarkan melalui bisnis online anda
  • Menjaga keberadaan bisnis online anda
  • Meningkatkan penjualan secara online
  • Secara umum SEO akan dapat meningkatkan peluang usaha, karena kunjungan berasal dari pencarian terhadap kata kunci tertentu di mesin pencari.
Ada dua kategori utama dalam optimasi SEO, yaitu:
  1. On Page SEO
SEO On Page memiliki arti bahwa anda mengoptimasi beberapa parameter yang ada pada website itu sendiri, diantaranya:
  • Pemilihan keyword yang tepat dan relevan, termasuk penggunaannya dalam frase
  • Menggunakan keyword atau kata kunci pada judul konten atau artikel dan alamat situs/domain jika memungkinkan
  • Penggunaan meta content terutama pada meta descriptions dan meta keyword
  • Penempatan keyword yang tepat
  1. Off Page SEO
Optimasi web atau blog yang dilakukan dari luar situs bisnis online anda. Caranya adalah dengan membangun backlink yang banyak. Selain itu juga bisa dengan membuat fanspage, social bookmark web/blog anda agar para pengunjung mendapatkan update artikel dengan mudah. Di atas adalah beberapa hal pokok dan pengertian singkat SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO (Search Engine Optimization) bukan hal yang instan dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bisnis yang anda jalankan tidak mengalami kendala yang berarti dalam pemasarannya.