Search

Pengertian Reservation Pada Hotel Dan Manfaatnya Bagi Travel Agen

Setiap orang yang akan bepergian, baik untuk tujuan wisata maupun perjalanan bisnis, sebaiknya terlebih dahulu melakukan perencanaan dengan membuat reservasi. Dalam bahasa Inggris, pemesanan diartikan dengan Reservation yang berasal dari kata: to reserve yaitu menyediakan atau mempersiapkan tempat. Sedangkan reservation memiliki arti pemesanan atau fasilitas tempat. Jadi secara umum, reservation adalah pemesanan suatu tempat fasilitas yang diantaranya akomodasi, meal, seat pada pertunjukan, pesawat terbang, kereta api, bus, hiburan, dan lain sebagainya.

Reservation dalam dunia penerbangan maupun pariwisata disebut juga dengan booking, namun kadangkala orang tidak bisa membedakan antara kedua kata tersebut. Dalam dunia pariwisata, reservation merupakan cara yang sangat penting dan memegang kendali bagi keberlangsungan aktivitas suatu biro perjalanan wisata.

Di dalam dunia perhotelan, reservation adalah pemesanan kamar yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya yang diperoleh hotel dari berbagai sumber dengan menggunakan berbagai macam pemesanan untuk memastikan bahwa tamu akan memperoleh kamar hotel pada waktu check in. Juga terdapat tugas bagi staff reservasi dan manfaatnya bagi travel agen yang mempunyai sistem booking hotel.

Tugas dari Reservation staff sebagai berikut:

  1. Menjual produk hotel dengan melakukan pemasaran
  2. Mempromosikan produk dan fasilitas yang akan didapatkan
  3. Mempertahankan pengetahuan tentang produk dan pelayanan hotel, seperti harga, fasilitas promosi dan harga khusus yang akan didapatkan oleh tamu hotel
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan tamu hotel serta mengantisipasi kebutuhan tamu hotel
  5. Mencatat dan memproses pemesanan kamar hotel dengan berbagai macam media dan sistem yang tersedia
  6. Menerima pemesanan kamar hotel yang ada dalam daftar tunggu (waiting list)
  7. Memproses perubahan pemesanan kamar hotel
  8. Mencatat metode pembayaran yang sudah diatur khusus untuk tamu rombongan
  9. Melakukan tindakan pencegahan jika tamu yang memesan kamar hotel tidak datang pada waktu yang sudah ditentukan
  10. Membuat laporan reservasi
  11. Mengarsip data pemesanan kamar secara akurat

Manfaat reservasi hotel bagi Travel Agen:

  1. Dapat mengetahui dengan pasti kapasitas konsumen atau pelanggan yang siap untuk melakukan reservasi di kemudian hari
  2. Dapat menghitung dengan pasti paket wisata dan mencegah kekeliruan harga
  3. Mempersiapkan dengan permintaan-permintaan tamu wisata, seperti: kamar dengan triple bed, tambahan bed atau yang lainnya
  4. Mempersiapkan kamar untuk tamu sesuai dengan tanggal pemesanan dan memastikan kamar tersebut masih kosong atau sudah penuh
  5. Travel agen memperoleh komisi dari setiap kamar yang dipesan untuk tamu hotel yang telah memesan kamar melalui bisnis travel agen yang dijalankan tersebut