Search

Peluang Usaha Online Travel Agent Tahun 2018

Peluang Usaha Online Travel Agent Tahun 2018

Indonesia adalah salah satu pasar paling potensial untuk pengembangan bisnis travel. Saat ini semakin banyak bisnis travel yang fokus untuk membangun layanan travel online karena potensinya yang sangat besar. Bisnis travel online seperti tiket dan booking hotel atau Online Travel Agent (OTA) tetap laris manis di pasaran Indonesia.

Usaha bisnis tiket pesawat bukan hal yang asing lagi, semakin banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang merambah pasar bisnis ini dengan membuka layanan perjalanan dan wisata berbasis online, atau biasa disebut Online Travel Agent (OTA), di mana semua kebutuhan untuk perjalanan dan wisata seperti reservasi tiket pesawat ataupun kereta api serta booking hotel bisa dilakukan secara online menggunakan komputer ataupun gadget. Kelebihan lain dari layanan Online Travel Agent (OTA) adalah semua bisa dilakukan sendiri kapan saja dan di mana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Meskipun jumlah persaingan Online Travel Agent (OTA) terus bertambah, hal ini tidak menyurutkan semangat untuk berwirausaha dan memulai bisnis ini. Tingginya angka persaingan bukan berarti semakin kecilnya peluang bisnis travel, karena Indonesia mempunyai pasar yang besar dan potensial. Sehingga banyaknya jenis bisnis online travel agen justru membuat bisnis ini semakin lengkap.

Pada umumnya orang datang ke agen tiket untuk mendapatkan harga tiket dengan harga murah. Karena pada umumnya agen tiket sering memberikan harga promo pada pelanggannya. Nah, pekerjaan dari agen tiket tersebut kurang lebih sama dengan travel agent atau perusahaan maupun perorangan yang bekerjasama dengan perusahaan travel yang membuka kemitraan. Tapi travel agen itu sendiri bertindak sebagai individu yang bekerja secara mandiri dan bekerjasama dengan perusahaan travel tersebut dengan menjadi mitra usaha.

Sekarang menjadi agen tiket atau memiliki usaha travel agent bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan mendaftarkan diri saja ke perusahaan travel yang memang membuka kemitraan peluang usaha sebagai travel agen. Kemudian perusahaan travel tersebut akan memberikan akses untuk melakukan transaksi jual beli tiket online setelah anda melakukan pendaftaran. Beberapa perusahaan travel menerapkan sistem deposit atau saldo, yakni travel agen menyetor sejumlah uang tertentu terlebih dahulu sebelum diberikan akses untuk transaksi. Deposit atau saldo ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah dengan tetap menjaga kepercayaan dari perusahaan travel tersebut dengan tidak menjual tiket di atas harga yang telah ditentukan serta gunakan akses yang diberikan kepada anda dengan penuh tanggungjawab. Dengan adanya akses ke sistem perusahaan mereka dan melakukan jual beli tiket online, anda juga mempunyai akses untuk melihat harga-harga tiket murah dan promo khusus. Jadi selain mendapatkan komisi, anda juga bisa bepergian dengan harga tiket yang miring.

Bisnis Online Travel Agent (OTA) tahun 2018 ini masih mendapat tempat di hati banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan. Anda dapat memulai bisnis ini meskipun modal yang anda miliki terbatas, anda tidak perlu berhutang pada bank. Tertarik untuk memulai bisnis Online Travel Agent?