Search

Peluang Bisnis PPOB Dan Cara Memulainya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, atau yang biasa anda kenal dengan nama pembayaran online dengan menghadirkan sistem pembayaran berbagai macam tagihan dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya sistem ini masyarakat dapat semakin mudah dalam melakukan pembayaran tagihan listrik, PDAM, telepon, token listrik, pulsa selular, angsuran motor dan lain sebagainya.

PPOB juga memberikan peluang usaha bagi masyarakat, karena setiap bulan dalam satu rumah pasti akan melakukan pembayaran tagihan, paling tidak membayar tagihan listrik dan PDAM. Karena faktanya, hampir setiap rumah memiliki lebih dari satu tagihan yang harus di bayar per-bulannya. Dengan membuka loket PPOB, masyarakat bisa memperoleh peluang usaha sampingan untuk menambah pendapatan mereka. Biasanya usaha loket PPOB ini dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan selain mengurus keluarga dan anak-anaknya. Karena sistem usaha yang relatif mudah, para ibu rumah tangga yang belum tentu mempunyai pengalaman kerja ini bisa mengoperasikan dengan mudah.

Loket pembayaran online ini cukup menarik, karena umumnya layanan usaha PPOB menyediakan semua layanan pembayaran dalam satu server. Umumnya penyedia layanan server PPOB mengenakan deposit biaya awal yang berbeda-beda. Deposit tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran, di mana setiap transaksi mengurangi jumlah deposit yang tersimpan. Selanjutnya jika deposit tersebut habis, anda dapat mengisinya kembali agar dapat digunakan lagi untuk bertransaksi.

Cara memulai usaha:

  1. Mencari vendor

Ada banyak vendor, anda dapat memilihnya dengan menimbang berbagai keunggulan masing-masing dari segi kelengkapan layanan, fitur, maupun dari segi support dan layanan. Cari yang mempunyai layanan dan fitur yang lengkap. Yang paling penting dari semuanya adalah Server Uptime, jangan sampai anda terkendala dalam melayani konsumen karena server PPOB sedang down, konsumen akan lari ke tempat lain.

  1. Strategi pemasaran

Lakukan sistem pemasaran jemput bola, kunjungi rumah tetangga, teman, kerabat anda dan tawarkan jasa pembayaran tagihan secara online melalui anda. Berkeliling di kompleks perumahan atau kampung anda untuk mengambil uang pembayaran tagihan sebulan sekali. Ini bisa dijadikan sebagai layanan tambahan yang memudahkan konsumen tanpa harus pergi ke loket pembayaran. Anda bisa juga menggunakan media sosial anda sebagai tempat untuk berpromosi.

  1. Modal

Anda tidak perlu persiapan khusus, tidak perlu menyewa ruko atau kios, dan modal yang dibutuhkan cukup kecil. Anda hanya perlu laptop atau komputer dan smartphone untuk menjalankan usaha ini. Hanya membutuhkan biaya pendaftaran dan uang untuk deposit.

  1. Kerja keras

Anda harus bekerja keras agar usaha PPOB anda banyak dikenal orang dan menggaet banyak konsumen.