Search

Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok

Pernah mendengar pantai yang berwarna pink? Bisakah kamu membayangkan hamparan pasir dan ombak yang berwarna pink?

Ternyata memang ada lho pantai yang berwarna pink dan serunya pantai berada di Indonesia, tepatnya di Pulau Lombok Kabupaten Lombok Timur.

Pantai pink yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini sudah cukup populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, selain karena warnanya yang unik dan kondisi pantainya yang masih alami menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Karena lokasinya yang cukup jauh dan tidak mudah dijangkau membuat pantai ini tidak terlalu ramai, cocok banget untuk bersantai dan mencari ketenangan.

Jika kamu berencana traveling ke sana, yuk baca beberapa fakta menarik mengenai Pantai Pink ini.

  1. Pasir pantainya tidak berwarna pink
    Fakta pertama dan paling penting yang harus kamu tahu adalah Pantai Pink ini tidak benar-benar berwarna pink.
    Meskipun di dunia maya banyak bertebaran foto pantai ini dengan pasir berwarna pink, namun pasir di Pantai Pink sebenarnya berwarna putih seperti pantai pada umumnya. Warna pink yang tertangkap di kamera berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pasir pantai yang bercampur serpihan koral berwarna merah. Warna pink pantai ini juga muncul hanya pada jam tertentu. Jadi, pantai ini tidak selalu berwarna pink.
    Ada tips buat kamu kalau ingin menikmati atau mengabadikan warna pink pantai. Berdirilah di bukit-bukit yang ada di sekeliling pantai, kamu bisa mendapatkan pandangan yang lebih luas dari ketinggian dan perbedaan warna-warna terlihat jelas.
  2. Ada lebih dari 1 Pantai Pink di Lombok
    Ya, bukan cuma ada 1 satu pantai pink, tapi ada 3 pantai pink di Lombok dan semuanya terletak di bagian tenggara Pulau Lombok. Ketiga pantai ini terpisah agak jauh satu sama lain.
  3. Lokasinya yang jauh dan terpencil
    Pantai Pink Lombok ini kondisinya masih alami dan sepi. Hal ini dikarenakan lokasinya yang jauh dan cukup sulit dijangkau, bahkan bagi orang Lombok sendiri. Jika kamu mengunjungi Pantai Pink tanpa melalui jasa travel agent, bisa dipastikan kamu akan menemui kesulitan mendapatkan transportasi menuju pantai ini.
    Lokasinya yang jauh membutuhkan waktu 2 jam perjalanan darat dari kota Mataram untuk langsung menuju pantai ini atau kamu bisa mencoba perjalanan darat ke Dermaga Tanjung Luar kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal.
  4. Pernah menjadi markas tentara Jepang
    Tangsi, nama pantai pink ini, berarti “asrama” atau “barak”. Mungkin nama ini diambil karena ditemukan goa buatan dan meriam milik tentara Jepang yang berada tidak jauh dari pantai, sehingga disimpulkan bahwa pantai ini pernah menjadi markas tentara Jepang pada saat Perang Dunia ke dua.

Itu dia beberapa fakta mengenai Pantai Pink Lombok. Yuk, segera rencanakan liburanmu ke sana dan nikmati keindahannya.

Selamat liburan.