Search

Panduan Traveling Ke Pulau Bintan

Panduan Traveling Ke Pulau Bintan

Bintan merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, yang tepatnya berada di Kota Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Bintan adalah pulau terbesar di antara lebih dari 3.000 pulau besar dan kecil yang terbentang luas di seberang Negara Singapura dan Malaysia. Pulau ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong maupun pribumi karena keindahan serta ragam kekayaan alam yang ditawarkannya. Jika dilihat dari sisi pariwisata, memang pulau ini memiliki potensi wisata berupa pantai yang cukup menarik.

Nah, sebelum kalian berpetualang ke Pulau Bintan, alangkah lebih baik jika kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat eksotis tersebut. Berikut ini panduan traveling ke Pulau Bintan untuk kamu:

Cara pergi ke Pulau Bintan
Bintan memiliki Bandara Raja Haji Fisabilillah yang bisa kamu jadikan salah satu alternatif untuk datang ke Pulau Bintan. Bandara Raja Haji Fisabilillah letaknya berada di Tanjungpinang yang dilayani oleh maskapai Sriwijaya Air dari Jakarta. Alternatif pergi dengan pesawat lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Bandara Hang Nadim di Batam terlebih dulu, lalu melanjutkan perjalanan dengan ferry ke Bintan.
Kamu bisa menjelajahi Bintan dengan transportasi umum. Transportasi umum terbaik untuk berkeliling di Pulau Bintan adalah dengan perahu. Hal ini karena Bintan merupakan daerah kepulauan, yang tentu saja daerah ini banyak dikelilingi laut dan sungai. Selain itu, untuk memudahkan kamu dalam menempuh perjalanan di darat, kamu juga bisa menyewa mobil atau sepeda motor.

Tempat Penginapan di Bintan
Di bagian utara Pulau Bintan terdapat kawasan yang bernama Bintang Resort. Bintang Resort adalah sebuah lahan luas di sepanjang perairan utara Pulau Bintan. Di dalam kawasan Bintang Resort terdapat banyak hotel dan resort, diantaranya; Bintan Lagoon, Nirwana Garden dan Banyan Tree. Selain itu, infrastruktur yang dikembangkan oleh Bintan Resort adalah terminal ferry, listrik dan air. Dengan menginap di kawasan Bintan Resort, traveling ke Pulau Bintan bisa dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.

Iklim di Bintan
Bintan memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup intensif di sepanjang tahun. Suhu rata-rata di sana adalah 27.2 derajat celcius. Masih cukup standar untuk Negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Bahasa daerah di Bintan
Kepulauan Riau kurang lebih memiliki empat Bahasa Melayu dengan dialek bahasa yang berbeda-beda. Selain itu, terdapat banyak sekali jenis logat yang terdapat di pulau ini. Sebagai bahasa pergaulan, Bahasa Melayu Dagang menjadi yang paling banyak digunakan di Bintan, dan daerah-daerah di sekitarnya. Namun, masyarakat sekitar dan orang-orang yang traveling ke Pulau Bintan juga bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Aktifitas di Bintan
Aktifitas di Bintan mayoritas berfokus pada air. Oleh karena itu, ada ragam pilihan watersport yang bisa kamu mainkan, seperti naik jet ski, berenang di laut, berenang di kolam renang, dan masih banyak lagi. Bukan hanya basah-basahan yang bisa kamu lakukan di Bintan. Di Safari Lagoi, kamu bisa membelai gajah, atau bisa juga naik quad bike melewati hutan, lalu road trip menggunakan mobil dan driver.

Tips berwisata di Bintan
Jika kamu traveling di Pulau Bintan, jangan lupa mampir ke Kota Tanjungpinang. Di sana, kamu dapat melihat serta berinteraksi lebih dekat dengan kehidupan masyarakat setempat dan mengunjungi kuil yang berusia 300 tahun di kawasan Senggarang. Sebaiknya menyewa motor atau mobil untuk berkeliling di Bintan.

Itulah panduan lengkap yang telah kami rangkum untuk kamu yang ingin traveling ke Pulau Bintan. Tetap utamakan traveling di dalam negeri untuk mendukung pariwisata di negeri sendiri.

Selamat berwisata!