Search

Panduan Penerbangan Internasional Bagi Pemula

Panduan Penerbangan Internasional Bagi Pemula
Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang kini bukan lagi menjadi hal yang mewah. Hal tersebut bisa dilakukan oleh hampir setiap orang karena harga tiket yang semakin terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Baik untuk perjalanan bisnis maupun liburan baik di dalam dan luar negeri. Setiap perjalanan memiliki tata cara sendiri-sendiri, lalu bagaimana cara naik pesawat internasional? Berikut ini adalah panduan bagi anda yang ingin melakukan penerbangan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat internasional untuk pertama kalinya:
  1. Dari Bandara Indonesia untuk terbang ke luar negeri, anda dianjurkan untuk datang dua jam sebelum penerbangan. Beberapa maskapai bisa sangat ketat dengan ketentuan ini.
  2. Siapkan tiket, paspor, dan kalau perlu visa serta siapkan uang untuk membayar pajak di bandara (airport tax), yang biasanya dibayarkan pada saat check in.
  3. Pada saat check in anda dilarang untuk membawa benda-benda yang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Seperti cairan yang lebih dari 100 ml dan benda tajam. Akan ada x-ray untuk memeriksa barang-barang bawaan anda, termasuk harus membuka dan menunjukkan isi tas yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat.
  4. Setelah check in, anda harus mengantri di loket imigrasi dan mengantri di antrian khusus bagi para pemegang paspor Indonesia. Setelah menyerahkan paspor dan boarding pass ke petugas imigrasi, tunggulah sebentar, petugas akan memberi cap pada paspor anda.
  5. Kemudian anda menunggu keberangkatan di ruang tunggu gerbang (gate) yang tertera pada boarding pass.
  6. Setelah anda melakukan penerbangan dan sampai pada negara tujuan, anda akan menjalani pemeriksaan di bandara negara tujuan anda tersebut. Kemudian anda perlu mengisi kartu imigrasi dan menunjukkan dokumen-dokumen anda. Umumnya pemeriksaan imigrasi pada negara-negara ASEAN yang tidak membutuhkan visa akan lebih mudah. Namun jika anda bepergian ke negara-negara yang memerlukan visa, akan sedikit rumit. Karena petugas imigrasi akan mengajukan banyak pertanyaan kepada anda.
  7. Mengambil barang-barang bawaan anda akan melewati bea cukai, tas anda akan diperiksa dengan x-ray serta anda akan diminta membuka tas yang anda bawa ke kabin pesawat untuk diperiksa oleh petugas bea cukai. Peraturan masing-masing negara berbeda-beda. Contohnya; Singapura dilarang membawa rokok, Maladewa dilarang membawa minuman keras, di Australia dilarang membawa makanan.
Demikian beberapa panduan dalam menggunakan pesawat internasional yang bisa anda lakukan jika anda merencanakan untuk bepergian ke luar negeri. Selain itu anda juga harus mempersiapkan hal lainnya seperti dokumen yang harus anda bawa dan mempersiapkan diri karena perjalanan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penerbangan. Panduan di atas merupakan beberapa cara standar yang biasanya ada pada setiap penerbangan internasional.