Search

Panduan Dalam Membangun Kemitraan Dengan Calon Mitra Bisnis

Panduan Dalam Membangun Kemitraan Dengan Calon Mitra Bisnis
Bisnis sangat dipengaruhi oleh luas dan kualitas jaringan. Intinya, membangun sebuah jaringan bisnis adalah cara yang sangat strategis untuk bisa bertahan dan juga berkembang. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis anda harus dapat membangun komunikasi kepada semua pihak sehingga jaringan anda dalam membangun bisnis akan terus tumbuh dan berkembang. Diperlukan strategi dalam membangun jaringan kerja dan kemitraan guna untuk mengantisipasi agar kemitraan tersebut tidak menemui kebuntuan atau kegagalan, karena kesalah pahaman bisa saja terjadi. Agar kebuntuan atau kegagalan tersebut tidak terjadi, maka dalam membangun kemitraan dapat dilakukan panduan sebagai berikut:
  1. Membangun kemitraan bukan sekedar berkenalan
Jika sebagaian besar orang merasa kurang berhasil dalam membangun jaringan kemitraan (networking), karena mereka hanya berkenalan atau bertukar kartu nama saja. Kemudian menyimpan kartu nama tersebut tanpa tindak lanjut, maka kemitraan akan sulit terjalin. Untuk membangun jaringan kemitraan perlu dikerjakan dengan cara yang terorganisasi dengan baik.
  1. Menjadi pendengar yang baik
Untuk membangun jaringan kemitraan anda perlu menjadi pendengar yang baik, dengan begitu anda akan mendengarkan informasi sebanyak-banyaknya dalam pertemuan singkat dengan calon mitra bisnis anda. Hal ini cukup penting dalam melakukan pendekatan yang tepat dengan calon mitra bisnis.
  1. Fokus pada tujuan
Dengan menjadi pendengar yang baik maka anda akan mampu memvisualisasikan siapa saja yang akan didekati. Sehingga tidak perlu membuang waktu dengan mengikuti perkumpulan yang tidak berhubungan dengan target yang ingin dicapai. Upayakan untuk terus menjalin komunikasi dengan calon mitra bisnis agar mereka tidak melupakan begitu saja. Anda dapat mengirimkan sms, telepon, email dan lain sebagainya kepada calon mitra bisnis.
  1. Menyampaikan informasi yang akurat dan apa adanya
Caranya adalah dengan terus belajar tentang bisnis yang anda jalankan, produk yang anda jual. Sehingga anda dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat pada calon mitra bisnis anda.
  1. Komunikasi yang berkesinambungan
Sebagai pelaku usaha, anda harus meluangkan waktu dalam melakukan komunikasi dengan calon mitra bisnis anda guna mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang sudah terbangun. Hanya dengan komunikasi yang baik, maka pelaku bisnis dan mitra bisnis dapat menjalin hubungan yang baik.
  1. Membangun citra diri sebagai pelaku bisnis
Membangun citra diri dapat dilakukan dengan cara meningkatkan komunikasi yang baik, komitmen dan prinsip kerja dengan mitra bisnis. Hal tersebut dapat meminimalkan terjadinya kesalah pahaman, dan tentunya citra diri bisnis anda dapat dikenal luas di mata masyarakat dan lingkungan sekitar.