Search

Panduan Check In Pesawat Bagi Pemula

Panduan Check In Pesawat Bagi Pemula

Check in dalam penerbangan komersial adalah proses konfirmasi calon penumpang pesawat kepada pihak maskapai sesaat sebelum menaiki pesawat yang akan terbang. Check in dapat dilakukan secara manual dengan cara mendaftarkan diri pada petugas maskapai di bandara atau secara mandiri melalui mesin check in yang ada di bandara.

Saat ini hampir semua maskapai sudah memberlakukan check in secara online melalui internet. Akan tetapi lebih baik jika anda terlebih dahulu menanyakan hal tersebut sebelum hari keberangkatan kepada maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Namun untuk check in barang bagasi tetap dilakukan di bandara. Pastikan anda tidak membawa barang yang dilarang untuk di bawa di dalam pesawat, pastikan juga barang yang anda bawa tidak melebihi batas ketentuan bagasi yang sudah ditetapkan oleh maskapai penerbangan, sehingga anda tidak perlu lagi membayar kelebihan bagasi dan menambah pengeluaran. Serahkan tiket yang sesuai dengan tanggal keberangkatan, kartu identitas atau passport untuk penerbangan ke luar negeri.

Bagi anda yang pertama kali melakukan penerbangan, mungkin hal ini akan sedikit membingungkan dengan apa yang harus di lakukan di bandara sebelum pesawat take off. Berikut adalah beberapa panduan yang perlu anda perhatikan untuk check in di bandara bagi anda yang pertama kali naik pesawat terbang:

  1. Datang lebih awal ke bandara minimal 2 jam sebelum penerbangan.
  2. Melakukan security check point ketika anda pertama kali memasuki sebuah terminal di bandara. Yaitu tempat pemeriksaan penumpang pesawat beserta barang bawaan baik bagasi maupun kabin. Siapkan dokumen anda: Tiket sesuai tanggal keberangkatan, kartu identitas untuk diperiksa oleh pihak keamanan bandara.
  3. Barang-barang bawaan anda wajib diperiksa melalui x-ray.
  4. Seluruh benda logam seperti handphone, kunci dan sebagainya dilaporkan dan di periksa melalui x-ray.
  5. Seluruh penumpang wajib melalui Walk Through Metal Detector (WTMD).
  6. Laporkan ke pihak petugas security jika anda membawa: alat pacu jantung, membawa senjata api.
  7. Tidak diperkenankan membawa barang-barang berbahaya seperti pisau, cutter, korek api, korek gas dan benda tajam lainnya.
  8. Setelah melewati area Area Security Check Point, maka selanjutnya anda akan menuju Area Check In Counter. Yaitu tempat untuk melapor masing-masing maskapai penerbangan tentang keberangkatan anda. Dalam proses check in ini anda akan menerima Boarding Pass dan sekaligus untuk menyerahkan barang bawaan yang dibagasikan.
  9. Yang peru anda siapkan di check in counter yaitu tiket sesuai tanggal keberangkatan dan kartu identitas. Antrilah pada check in counter sesuai dengan nomor penerbangan anda.
  10. Ketika anda akan memasuki ruang tunggu keberangkatan, anda akan dihadapkan kembali dengan Area Security Check Point yang kedua. Penumpang akan sekali lagi di periksa beserta barang yang akan di bawa ke kabin pesawat. Dan barang bawaan tersebut akan di periksa lagi melaui x-ray serta anda harus melewati Walk Through Metal Detector (WTMD) sekali lagi.
  11. Setelah melewati Area Security Check Point yang kedua, maka anda akan menuju ruang tunggu keberangkatan. Setiap maskapai penerbangan mempunyai jalur atau pintu gate sendiri, untuk itu anda menuju ruang tunggu keberangkatan sesuai dengan nomor gate yang anda dapatkan.

Inti dari Check In adalah menukar kode booking dengan Boarding Pass (tiket pesawat). Setelah semua proses check in selesai dan anda sudah memasuki pesawat. Satu hal lagi yang harus anda perhatikan yaitu: saat pesawat take off, karena pada saat pesawat take off adalah bagian yang paling krusial. Pastikan anda sudah memasang sabuk pengaman dengan benar dan mematikan semua perangkat elektronik. Anda boleh mengaktifkan handphone anda dengan mode pesawat. Kadang karena tekanan udara yang berbeda, tiba-tiba telinga menjadi sakit atau berdengung, hal tersebut cukup wajar. Untuk menghilangkannya cukup telan ludah atau buka mulut lebar-lebar.
Semoga panduan diatas dapat membantu anda dalam melakukan check in pesawat.