Search

Nikmati Keseruan Pagelaran Seni Budaya di Taman Ismail Marzuki

Nikmati Keseruan Pagelaran Seni Budaya di Taman Ismail Marzuki

Para traveler tentu mengenal Taman Ismail Marzuki yang berlokasi di Cikini. Selain berisi wisata yang bertema astronomi, ada berbagai pagelaran seni yang bisa dinikmati. Taman Ismail Marzuki adalah pusat kesenian dan kebudayaan. Banyak acara seni dan budaya yang dipertunjukkan di sana. Seperti pementasan tari, drama, musik dan lain-lain, baik yang tradisional maupun kontemporer.

Sebagai markas bagi banyak seniman, tidak mengherankan kalau di kawasan tersebut terdapat beberapa gedung pertunjukkan. Gedung tersebut di antaranya adalah Graha Bhakti Budaya, Teater Kecil, dan Teater Jakarta. Namun, jika kamu ingin menonton pertunjukkan seni, ada baiknya periksa dulu jadwal pentasnya. Itu karena tidak setiap hari ada pementasan besar yang digelar.

Berbagai Macam Pagelaran di Taman Ismail Marzuki
Salah satu gelaran yang keseruannya bisa kamu nikmati di Taman Ismail Marzuki adalah parade seni budaya tanah air bertema “Seni Bersama Bersama Seni”. Seni daerah yang ditampilkan sangat beraneka ragam. Ada yang berupa tarian, lagu, hingga atraksi bela diri. Sebagian besar peserta adalah milenial sehingga menjadi daya tarik bagi generasi muda.
Dan kalau beruntung, kamu juga bisa menonton Teater Koma. Pada akhir bulan Juli hingga awal Agustus lalu mereka menggelar pementasan di gedung Graha Bhakti Budaya. Saat itu lakonnya bertajuk Goro-goro: Mahabarata 2. Mereka mengangkat kisah kehidupan para dewa dan wayang. Dengan diadakannya pentas tersebut, diharapkan generasi muda dapat terinspirasi dan tertarik untuk terjun ke dunia seni.

Pameran Seni Rupa
Begitu puas menikmati pementasan teater, sekarang waktunya beralih ke pameran seni rupa. Di kompleks Taman Ismail Marzuki terdapat bangunan Galeri Cipta I, II, dan III. Bangunan-bangunan tersebut memang difungsikan bagi para seniman untuk memamerkan hasil karya mereka, khususnya karya seni rupa.
Akan tetapi, sebelum mengunjunginya, lebih baik kamu mengecek terlebih dahulu jadwal pameran seni rupa yang akan digelar. Pasalnya, di tempat ini pameran seni rupa tidak digelar setiap hari. Meski begitu, berkunjung ke Galeri Cipta untuk menyaksikan pameran seni rupa bisa menjadi pilihan yang tepat.
Tampilan pameran seni yang terdapat di Taman Ismail Marzuki ini sangat beragam. Ada lukisan, patung, dan berbagai macam instalasi seni lainnya. Walau kebanyakan pesertanya masih dari golongan tua, tapi diharapkan pameran ini dapat menstimulasi minat kaum milenial terhadap dunia seni.
Lalu, saat kamu berjalan ke luar gedung, kamu akan mendapati wajah baru yang membuat taman ini menjadi lebih fresh. Ya, itu adalah lukisan mural yang penuh warna.
Lukisan tersebut dibuat oleh Ledani. Bagi sang kreator, seni adalah bentuk keindahan yang mempunyai makna tersendiri. Dengan konsep itu dia bisa membuat mahakarya yang sekarang menjadi wajah baru Taman Ismail Marzuki.

Wisata Kuliner Taman Ismail Marzuki
Karena sudah puas menikmati keseruan pagelaran dan pameran seni, pasti perutmu sudah lapar, kan? Kalau begitu, sebagai bonus saya akan memberi sedikit informasi tentang wisata kuliner.
Di Taman Ismail Marzuki, wisatawan dapat menikmati lokasi kuliner yang berlokasi di sepanjang jalan menuju gedung teater. Di antara banyaknya warung dan depot, ada tiga tempat yang sangat saya sarankan.
Yang pertama adalah Soto Betawi H. Ma’ruf. Dengan resep yang diwariskan dari generasi ke generasi sudah pasti bisa membuat lidah semua wisatawan menari-nari. Yang kedua adalah Bubur Ayam Cikini H.R. Sulaiman. Menu yang ditawarkan di sana sangat cocok untuk kamu yang sedang lapar tapi tidak ingin makan nasi. Yang terakhir adalah Tjikini Lima. Tempat tersebut bisa menjadi pilihan kalau kamu bosan dengan makanan Indonesia, karena disana terdapat menu masakan timur tengah dan barat.

Nah itulah informasi mengenai pagelaran seni dan budaya yang ada di Taman Ismail Marzuki yang sudah pasti menarik untuk disimak dan dilihat. Bagaimana, apakah kalian juga tertarik untuk melihat pagelaran tersebut?