Search

Negara-Negara Dengan Waktu Puasa Terpendek Di Dunia

Negara-Negara Dengan Waktu Puasa Terpendek Di Dunia

Jika terdapat negara-negara yang memiliki durasi waktu puasa yang sangat panjang bahkan hingga lebih dari 21 jam. Ada juga negara-negara yang memiliki kesempatan untuk tidak terlalu lama berpuasa. Negara-negara yang memiliki durasi waktu puasa terpendek adalah negara yang telah memasuki musim dingin, sehingga siang harinya lebih pendek dari pada waktu malam hari. Perbedaan waktu dan musim adalah hal yang paling utama yang menyebabkan durasi waktu puasa tiap-tiap negara berbeda. Karena perputaran bumi yang mengelilingi matahari tidak lurus, hal tersebut menyababkan periode waktu tiap negara berbeda-beda.

Mana saja negara dengan waktu puasa terpendek? Berikut ulasannya:

  1. Chile

Negara yang terletak di Amerika Selatan dan beribukota Santiago. Merupakan salah satu negara yang mempunyai durasi waktu puasa terpendek. Warga muslim yang tinggal di negara tersebut mulai berpuasa pada pukul 05.31 pagi waktu setempat dan berbuka pada pukul 15.00 waktu setempat atau sekitar 9 jam. Meski demikian, berpuasa dengan durasi waktu pendek bukanlah tanpa halangan, udara yang kering dan cuaca yang dingin menjadi hambatan bagi warga muslim Chile. Meski begitu mereka tetap melakukan rutinitas seperti hari-hari biasa.

  1. Argentina

Negara yang memiliki ibukota Buenos Aires ini masuk dalam daftar wilayah puasa dengan durasi terpendek. Yakni 9 jam 37 menit, tidak berbeda jauh dengan warga muslim Chile, warga muslim Argentina pun menjalankan ibadah puasa di tengah cuaca yang dingin dan udara kering. Walaupun warga negara muslim di sini sangat sedikit, tapi warga non-muslim lainnya sangat menghargai warga muslim lainnya dalam menjalankan ibadah puasa.

  1. Australia

Salah satu kota di negara Kanguru ini yaitu Sydney memiliki durasi waktu puasa 9 jam 56 menit. Umat muslim yang tinggal di wilayah Australia ini tidak mendapatkan begitu banyak tantangan, karena waktu berpuasa sangat pendek dan juga banyak ditemukan restoran-restoran berlabel halal di benua Australia ini.

  1. Antartika

Wilayah yang berada di belahan bumi paling selatan itu memiliki waktu puasa kurang lebih selama 9 jam 18 menit. Umat muslim di wilayah Casey Station menjalankan ibadah puasa dengan durasi yang pendek. Imsak pada pukul 6.30 pagi dan buka puasanya pada pukul 15.48 sore waktu setempat.

  1. Afrika Selatan

Negara kaya di Benua Hitam tersebut memiliki waktu puasa selama 10 jam 30 menit, lebih pendek sedikit dari Indonesia. Negara dengan penduduk mayoritas beragama kristen ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap agama lain.

  1. Brazil

Brazil memiliki waktu puasa selama 11 jam. Para warga muslim di Brazil berasal dari para budak Afrika yang berkelana di sana.

Beruntunglah bagi kita yang tinggal di wilayah Indonesia, karena ibadah puasa di sini hanya memiliki durasi 13 jam 3 menit. Yang membedakannya hanyalah pembagian waktu antara WIB, WITA dan WIT saja.