Search

Negara-Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Panjang Di Belahan Dunia

Negara-Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Panjang Di Belahan Dunia

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga matahari terbenam selama satu bulan penuh. Durasi puasa untuk masing-masing negara berbeda-beda tergantung letak geografisnya. Indonesia sendiri mempunyai durasi waktu puasa sekitar 13 jam setiap harinya.

Lalu bagaimana dengan negara-negara lain di belahan lain bumi? Apalagi jika bulan Ramadhan saat musim panas? Berikut adalah negara-negara yang memiliki durasi waktu panjang saat bulan Ramadhan:

  1. Negara-negara Skandinavia

Beberapa negara-negara Skandinavia, seperti Finlandia, Swedia dan Norwegia pada bulan Ramadhan saat musim panas matahari akan terbit lebih lama dan siang hari pun jauh lebih lama dibandingkan pada malam hari. Hal itulah yang menyebabkan durasi puasa di negara-negara ini menjadi sangat lama yakni 21 jam, dan merupakan wilayah yang memiliki durasi puasa paling lama di dunia. Meskipun memiliki durasi puasa yang sangat lama tetapi umat muslim di sana mampu bertahan, karena sebagian mengikuti waktu berbuka puasa di Arab Saudi dan Turki. Para ulama di negara-negara Skandinavia memperbolehkan para umat muslim yang menjalankan ibadah puasa mengikuti waktu berbuka puasa dari kedua negara tersebut.

  1. Russia

Tidak jauh berbeda dengan negara-negara Skandinavia, Russia juga memiliki durasi waktu berpuasa yang terbilang lama yakni 19 jam. Salah satu negara yang terletak di bagian paling utara dunia ini mulai melaksanakan ibadah puasa dengan waktu imsak jam 03.15 pagi dengan waktu berbuka pada pukul 21.30 malam yang berarti umat muslim di Russia melaksanakan ibadah puasa hampir selama 19 jam.

  1. Inggris

Berpuasa di negara Ratu Elizabeth II ini anda harus bisa menahan lapar dan haus dalam jangka waktu yang lama. Para umat muslim di negara yang terkenal dengan klub sepakbola tepatnya di kota London mulai berpuasa setelah tanda imsak pada pukul 02.45 pagi hari dan baru boleh berbuka puasa ketika matahari terbenam atau adzan magrib pada pukul 19.45 waktu setempat. Berarti kurang lebih sekitar 19 jam 45 menit. Selang waktu berpuasa di Inggris hanya 2 jam 30 menit dari Rusia.

  1. Amerika Serikat

Sementara di negara adidaya ini tidak berbeda dengan beberapa negara di atas. Durasi waktu untuk berpuasa terbilang cukup lama. Seperti di kota New York, waktu yang diperlukan untuk berpuasa yakni 15 jam 47 menit, puasa di mulai pukul 04.25 pagi hari dan waktu untuk berbuka pada pukul 20.12 malam waktu setempat.

  1. Jepang

Negara matahari terbit ini menjalani puasa kurang lebih selama 15 jam 37 menit, umat muslim di sana memulai puasa pada pukul 03.10 pagi hari dan diperbolehkan berbuka puasa pada pukul 18.40 waktu setempat. Selain waktu berpuasa yang cukup lama, umat muslim yang berada di sana cukup kesulitan dalam menemukan restoran yang menjual makanan halal.

  1. Arab Saudi

Durasi berpuasa di negara yang menjadi kiblat umat muslim seluruh dunia ini mempunyai durasi puasa sekitar 14 jam 30 menit . Di kota Mekkah sendiri imsak di mulai pada pukul 04.30 pagi hari dan waktu berbuka pada pukul 19.00 malam.

Meskipun negara-negara di atas memiliki waktu berpuasa lebih panjang dari Indonesia, tetapi umat muslim yang melakukan ibadah puasa di sana dapat berjalan dengan baik di sela-sela rutinitas mereka sehari-hari.