Search

Mudik Aman Mudik Bahagia

Mudik Aman Mudik Bahagia

Dari tahun ke tahun, setiap musim  mudik lebaran, selalu saja ada berbagai musibah yang tidak diinginkan, karena kelalaian terhadap keamanan saat berkendaraan. Nah, agar perjalanan mudik anda nyaman dan aman, terutama untuk keluarga anda, jangan anggap enteng tentang perihal keamanan dan kesehatan.

”Loh, kok kesehatan?” Yap! Karena saat berkendara selama mudik sangat menguras tenaga. Jadi, ada baiknya sebelum pergi mudik, cek kesehatan anda terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan fisik. Terutama yang memiliki riwayat penyakit, pastikan sudah periksa ke dokter. Selama perjalanan mudik, makanlah camilan berkabohidrat setiap 2 jam sekali, karena tubuh sangat membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Untuk anda penikmat kopi, hindarilah meminum kopi dalam jumlah banyak sebelum mudik, karena kafein yang terkandung pada kopi dapat memacu jantung lebih cepat. Untuk menjaga konsentrasi, pengemudi disarankan untuk beristirahat setiap menempuh perjalanan selama 4 jam. Dan istirahat ini sangat disarankan, karena selama perjalanan mudik pasti akan terasa lelah dan jenuh.

Selain kesehatan, penting juga untuk cek kendaraan anda ke bengkel terlebih dahulu untuk menjamin keselamatan dalam perjalanan. Periksa tekanan ban, air radiator, oli mesin dan minyak rem. Jangan lupa juga untuk patuhi semua rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Perhatikan juga barang bawaan anda yang akan dimuat dalam kendaraan, jika berlebihan juga akan mengganggu muatan di dalam kendaraan anda. Yang paling penting dan tidak bisa lepas dari masyarakat di jaman sekarang adalah jauhi gadget selama anda berkendara. Jangan sekali-kali melakukan aktivitas lain seperti sibuk dengan gadget yang sangat membahayakan keselamatan, karena mengemudi kendaraan sangat dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.

Agar perjalanan mudik anda semakin nyaman, persiapkan juga beberapa lagu-lagu atau mp3 untuk menemani perjalanan anda sebagai hiburan agar terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan.

Selamat bermudik ria, Sahabat Citos! Jangan lupa untuk utamakan keselamatan diri dan keluarga selama perjalanan mudik.