Search

Modal Usaha Dalam Memulai Sebuah Bisnis

Modal Usaha Dalam Memulai Sebuah Bisnis
Dalam menjalankan sebuah usaha, modal menjadi salah satu hal yang penting dalam memulai sebuah usaha. Semua usaha yang dimulai pasti membutuhkan modal usaha sebagai penggerak awal untuk perjalanan bisnis selanjutnya. Sebagian besar orang beranggapan bahwa modal selalu identik dengan uang. Semakin banyak pelaku bisnis yang mengeluarkan modal usaha dari tabungan miliknya sendiri. Perlu disadari dalam menjalankan sebuah bisnis dengan sumber modal usaha yang berasal dari tabungan pribadi mempunyai tantangan tersendiri mengenai seni mengelola dan melakukan pemisahan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Modal usaha merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Modal usaha tersebut digunakan sebagai pembiayaan keperluan usaha, seperti membeli barang, pengurusan ijin, pembelian perlengkapan kerja, pembelian aset, dan gaji karyawan. Secara umum, modal usaha dibagi menjadi:
  1. Modal Usaha Capital Expenses
Modal ini dipergunakan untuk pengadaan fixed asset, pengadaan tersebut seperti pembelian berbagai peralatan usaha, pengadaan aset kendaraan jika diperlukan, dan perlengkapan kantor sebagai pendukung usaha. Pada intinya adalah modal yang digunakan untuk penggunaan barang yang bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.
  1. Modal Usaha Operasional Expenses
Modal usaha ini digunakan sebagai biaya operasional usaha, antara lain untuk biaya tagihan listrik, biaya tagihan telepon, gaji karyawan, biaya telepon, biaya sewa tempat usaha, dan biaya lain-lainnya. Sifatnya cukup berkala, sehingga dalam biaya operasional ini anda harus menyediakan anggarannya dalam periode tertentu. Dalam menghitung modal usaha, anda harus membuat beberapa perkiraan berdasarkan asumsi target penjualan setiap bulan. Selain itu anda juga harus menyediakan anggaran cadangan untuk sekitar enam hingga dua belas bulan ke depan. Karena biasanya dalam memulai usaha baru, profit yang didapatkan belum tentu sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sejak awal mula berdirinya bisnis. Setelah semuanya dipersiapkan dengan matang, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah promosi bisnis. Dengan promosi, maka akan membuat usaha anda dapat dikenal oleh masyarakat luas. Anda bisa menggunakan media online maupun offline sebagai media promosi. Menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, selain modal usaha bekali diri anda dengan niat dan tekad. Semoga bermanfaat bagi anda dan salam sukses!