Search

Menjelajahi Masa Lalu Melalui Pasar Kangen Jogja

Menjelajahi Masa Lalu Melalui Pasar Kangen Jogja

Sebagai daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, Yogyakarta mempunyai berbagai tempat wisata pilihan. Seperti wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner hingga event tahunan. Salah satu event yang digelar setiap tahunnya adalah Pasar Kangen yang menyediakan ragam kuliner dan kesenian lawasnya yang dapat membuat anda seolah-olah kembali ke masa lalu dan menikmati suasana Jogja tempo dulu.

Jika anda ingin melepas rasa kangen dengan makanan tempo dulu dan Jogja tempo dulu berkunjunglah ke Pasar Kangen Jogja yang diselenggarakan untuk ke sebelas kalinya pada tanggal 7 – 16 Juli 2018 di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Event tahunan ini dibuka untuk umum tanpa membayar tiket masuk atau gratis. Pasar Kangen selalu ramai oleh pengunjung, jika anda datang ke acara ini anda akan bernostalgia dan terbawa suasana masa lalu.

Sebagai daya tarik, Pasar Kangen Jogja menghadirkan berbagai stand kuliner dengan beraneka ragam jajanan dan makanan tradisional seperti; geblek, cenil, serabi kocor, cenil, ketan serundeng, nasi jagung, sate kere dan lain sebagainya. Terdapat juga hiburan berupa kesenian tradisional seperti keroncong, karawitan, seni tari tradisional hingga wayang orang. Pasar Kangen sendiri merupakan tempat bagi pelaku usaha makanan maupun pengrajin yang berpegang pada nilai-nilai tradisional Yogyakarta.

Memasuki Pasar Kangen anda akan disambut dengan banyaknya stand panganan tradisional yang membangkitkan memori masa lalu. Selain berbagai macam kuliner lawas, anda juga akan mendapati berbagai kerajinan-kerajinan lawas atau barang-barang lawas antara lain: poster, majalah lawas, piringan hitam, kaos motif lawas, surat-surat tulisan tangan tempo dulu.

Pemilihan peserta yang mengisi stand di Pasar Kangen tidaklah sembarangan. Panitia melakukan seleksi yang ketat terhadap para calon peserta yang mendaftar untuk ikut meramaikan event tahunan tersebut. Selama acara berlangsung pun para penjaga stand diwajibkan untuk mengenakan pakaian tradisional khas Yogyakarta seperti blankon dan kain lurik untuk laki-laki serta kebaya untuk perempuan. Hal ini dilakukan untuk menjaga nuansa tradisional pada event Pasar Kangen Jogja.

Bagi anda pecinta wisata kuliner atau mempunyai hobi untuk mengoleksi barang-barang antik dan lawas, Pasar Kangen bisa menjadi pilihan anda. Melalui Pasar Kangen anda akan dibuat kembali menjelajahi masa lalu kota Yogyakarta dengan penganan tradisionalnya dan berbagai barang-barang lawas yang mungkin saja mempunyai umur lebih tua dibandingkan dengan usia anda.

Tertarik untuk datang ke Pasar Kangen Jogja? Catat tanggalnya, jangan sampai ketinggalan!