Search

Menikmati Keindahan Laut di Pantai Mawun, Lombok Tengah

Menikmati Keindahan Laut di Pantai Mawun, Lombok Tengah

Kenapa para turis begitu betah di Indonesia? Bahkan ada yang sampai merubah status kewarganegaraannya menjadi warga negara Indonesia. Itu semua karena keindahan alam yang dimiliki negara kita hingga mampu memikat hati para turis mancanegara. Ditambah lagi dengan masyarakatnya yang begitu ramah, membuat kesan tersendiri di hati mereka. Seperti halnya Bali, yang terkenal akan pesona alamnya berupa pantai dan tempat wisata lainnya. Belum lagi setiap tahunnya selalu diadakan acara adat yang ramai dihadiri tidak hanya masyarakat sekitar, melainkan juga para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Nah bicara soal pantai, banyak dari kamu pasti akan merekomendasikan Bali sebagai tujuan utama tempat wisata. Padahal, masih ada tempat lain yang keindahan alamnya tak kalah menarik. Bahkan kamu pasti akan mengira bahwa tempat ini adalah Bali. Berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Tidak lain dan tidak bukan tempat tersebut adalah Pulau Lombok. Sebuah alternatif bagi kamu yang bosan berlibur ke Bali.

Pantai Mawun
Di Kabupaten Lombok tengah, ada sebuah pantai yang sangat cocok untuk tempat bersantai sembari menenangkan diri dari kesibukan yang seakan tidak pernah ada habisnya. Pantai Mawun, sebuah pantai yang berada di Desa Tumpak, Kecamatan Pujuk. Diapit oleh dua bukit dan juga pantai, yang menjadikan tempat ini semakin mempesona. Yakni bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat, serta pantainya adalah Selong Belanak dan pantai Kuta Lombok. Pantai Mawun ini merupakan bagian dari teluk, yang memiliki pasir bertekstur agak kasar, ditambah lagi dengan campuran pecahan karang.

Rute dan lokasi
Sayangnya, Pantai Mawun ini kurang begitu terkenal. Kemungkinan dikarenakan minimnya informasi serta sarana yang kurang lengkap, sehingga pantas saja jika pantai ini masih terlihat asri. Meskipun pengunjungnya masih terbilang sedikit, namun setiap harinya ada saja wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Tapi bagi kamu yang lebih suka suasana tenang, Pantai Mawun sangat cocok untuk kamu singgahi karena masih begitu sepi. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari arah Mataram. Namun jika dilalui dari Bandara Praya, butuh waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke tempat ini. Kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil yang disewakan khusus untuk para wisatawan.

Panorama pantai yang mempesona
Cukup melelahkan memang. Karena bagi kamu yang berasal dari luar Lombok, harus menempuh perjalanan yang begitu panjang. Belum lagi dari Bandara Praya atau Mataram menuju pantai Mawun. Namun semua itu akan terbayarkan setelah kamu sampai di sana. Karena panoramanya yang begitu mempesona, akan membuat siapapun takjub melihatnya. Di sekitar Pantai Mawun, terdapat pepohonan yang mengelilinginya. Ditambah lagi, adanya rumah warga disekitarnya menambah kesan akan keasriannya.

Ombak pantai yang tenang
Karena diapit oleh dua bukit, ombaknya pun terbilang relatif tenang. Meskipun demikian, kamu perlu berhati-hati saat mau berenang di lautnya. Sebab di pantai ini sama sekali tidak ada penjaganya. Sehingga ketika terjadi apa-apa, di sana hanya ada sesama wisatawan yang kemungkinan tidak bisa menolong. Bahkan kamu juga bisa melihat pemandangan Pantai Mawun melalui salah satu dari dua bukit yang mengapitnya. Dari atas ketinggian tersebut, kamu bisa menikmati indahnya jajaran perbukitan serta Samudera Hindia yang terbentang begitu luasnya.

Spot foto yang cantik
Selain berenang, kamu bisa mengambil foto selfi untuk diabadikan sekaligus sebagai kenang-kenangan bahwa kamu pernah berkunjung ke salah satu pantai yang berada di Pulau Lombok ini. Dan yang tak boleh ketinggalan untuk kamu lakukan saat berkunjung ke sini, adalah berjemur sekaligus bersantai sambil menikmati keindahan laut di Pantai Mawun, Lombok Tengah. Sambil berlibur dan bersantai, tak ada salahnya jika kamu ikut menjaga kelestariannya. Setidaknya dengan tidak mengotori sekitar Pantai Mawun.