Search

Menghindari Penipuan Di Hotel Saat Menginap

Banyak yang beranggapan bahwa hotel adalah tempat yang paling aman ketika melakukan travelling ke luar kota. Sebaiknya anda mulai mempertimbangkan anggapan seperti itu, karena tindakan scam (penipuan) pun kerap terjadi di dalam hotel. Anda tetap harus mewaspadainya.

Apa saja jenis penipuan atau scam yang kerap terjadi di hotel?

  1. Waspada Terhadap Jasa Pesan Antar Makanan Di Hotel

  Ketika anda menginap di hotel, biasanya anda akan melihat beragam layanan antar makanan yang terpajang di brosur-brosur di dekat hotel lengkap dengan foto menu makanan, harga, dan alamat restoran. Banyak kasus yang menyebutkan jika para tamu hotel tertarik dengan foto menu makanan yang ditawarkan. Akhirnya mereka memilih layanan antar pesanan makanan tersebut dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Ketika si penyedia jasa pesan antar palsu ini memperoleh nomor kartu kredit, makanan tidak datang dan penyedia jasa pesan antar tidak akan pernah muncul lagi. Untuk menghindari hal yang serupa carilah informasi tentang keberadaan restoran penyedia layanan pesan antar tersebut apakah benar-benar ada atau tidak. Atau lebih baik, anda menanyakan pada resepsionis hotel tentang restoran terdekat yang menyediakan jasa layanan pesan antar.

  1. Resepsionis Hotel Tidak Pernah Meminta Nomor Kartu Kredit Melalui Telepon

Selalu waspada dengan tagihan biaya hotel melalui telepon, karena tamu hotel banyak yang tertipu dengan modus penipuan seperti ini. Menurut pengakuan salah satu tamu hotel, resepsionis hotel melakukan panggilan telepon dan memberikan tagihan pembayaran kamar. Setelah resepsionis hotel palsu memberikan jumlah tagihan yang harus dibayarkan, resepsionis ini kemudian meminta korban untuk segera membayar dengan menggunakan kartu kredit. Saat korban memberikan nomor kartu kredit, saat itulah tamu hotel tersebut menjadi korban penipuan mereka. Yang perlu anda ingat, resepsionis tidak pernah meminta korban untuk memberikan informasi tentang kartu kredit anda melalui telepon. Bila ada resepsionis yang menghubungi anda dan meminta anda untuk membayar tagihan kamar hotel melalui telepon, segera temui resepsionis dan tanyakan secara langsung.

  1. Jangan Tertipu Dengan Wi-Fi Gratis

Meskipun anda benar-benar bisa bebas mengakses internet secara gratis, namun yang perlu anda perhatikan adalah kerahasiaan informasi data pribadi anda yang ada pada laptop atau smartphone, karena ketika anda terhubung dengan jaringan internet gratis tersebut. Pelaku penipuan menyedot informasi berupa data pribadi anda, bisa saja mereka menyimpan password email, nomor telepon, yang kemudian akan digunakan untuk tindak kriminal. Untuk meyakinkan bahwa wi-fi tersebut benar-benar gratis dan merupakan wi-fi yang telah disediakan oleh pihak hotel, tanyakan kepada resepsionis apakah wi-fi hotel membutuhkan password atau tidak. Umumnya, setiap hotel atau restoran melindungi wi-fi mereka dengan password.

  1. Biaya Layanan Tambahan

Terkadang, hotel tempat anda menginap mencantumkan biaya tambahan untuk menikmati layanan koran pagi hari. Mungkin hotel tersebut mencantumkan dengan jelas berapa biaya yang harus dibayarkan. Namun jangan kaget ketika anda check out anda akan menemukan tagihan yang membengkak. Jika anda menginginkan layanan tambahan yang ditawarkan oleh pihak hotel, anda harus memastikannya pada saat awal melakukan check in hotel.

Selalu waspada dalam menggunakan kartu kredit. Selamat berlibur!