Search

Mengenal Tentang Affiliate Marketing

Mengenal Tentang Affiliate Marketing

Affiliate Marketing itu sebenarnya sudah ada sejak dahulu hanya saja namanya yang sekarang lebih canggih. Sejak dulu aktifitas bisnis seperti ini yaitu bisnis makelar atau perantara. Hanya saja bedanya Affiliate Marketing bekerja di dunia internet atau dunia online, sedangkan makelar atau perantara bekerja secara langsung di lapangan.

Affiliate Marketing secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan produk atau jasa yang berasal dari promosi mitra yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh pemilik produk atau jasa berupa komisi dari setiap transaksi jual beli.

Secara sederhana affiliate marketing dapat digambarkan dengan seseorang yang membagikan tautan sales page suatu produk ke orang lain, dan jika akhirnya orang tersebut membeli produk tersebut maka orang yang membagikan tautan tersebut akan mendapat komisi.  

Banyak orang yang skeptis dan tidak percaya dengan bisnis affiliate marketing sebagai salah satu cara mencari uang di internet dan memberikan keuntungan yang cukup besar jika ditekuni.

Bisnis affiliate marketing bergantung pada hubungan baik antara perusahaan dan mitra usaha atau partner kerja yang menjalankan program ini. Untuk itu, perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  • Kerja sama dan hubungan baik dengan perusahaan yang bersangkutan dalam menjalankan program affiliate marketing.
  • Konten yang diperbaharui secara teratur sesuai dengan trend baru atau hal-hal yang baru dan inovatif.
  • Promosi produk yang anda jual melalui sosial media akan membantu anda mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Walaupun menghasilkan uang dari proses affiliate marketing namun anda harus tetap bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kebanyakan yang menjalankan program affiliate marketing adalah mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai bisnis sampingan. Di luar negeri affiliate marketer adalah salah satu pekerjaan yang terpandang dan berkelas.

Affiliate marketing tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk memulainya. Cukup dengan mendaftar, kemudian anda akan mendapatkan link affiliasi dari perusahaan yang membuka kemitraan. Kemudian anda dapat menggunakan link tersebut untuk mulai bertransaksi.