Search

Mengenal Karakter Pelanggan Dalam Bisnis Online

Mengenal Karakter Pelanggan Dalam Bisnis Online
Salah satu trik bisnis untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengenal karakter beberapa pelanggan. Karena dengan pelayanan yang maksimal pada pelanggan bisa meningkatkan jumlah penjualan. Dalam bisnis terdapat persaingan yang ketat, dengan memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan maka dapat memberikan keuntungan bagi bisnis anda, selain penjualan yang meningkat juga konsumen akan bertambah. Karena pelanggan adalah raja, apapun karakter pelanggan anda harus dapat menghadapinya agar mereka melakukan pembelian atas produk yang anda jual. Dalam persaingan bisnis yang kompetitif, hadir tipe-tipe pembeli yang berbeda-beda. Ada berbagai karakter pelanggan dengan keunikan masing-masing yang anda temui dalam transaksi jual beli tiket online. Lalu bagaimana cara mengenali karakter pelanggan sehingga anda dapat memberikan pelayanan yang optimal? Beberapa karakter pelanggan yang perlu anda ketahui yang dapat anda jadikan sebagai pembelajaran untuk memberikan pelayanan yang terbaik:
  • Pelanggan yang pendiam
Pelanggan yang pendiam cenderung seorang yang pemalu. Jika pelanggan anda seolah-olah sedang memikirkan sesuatu, sebaiknya jangan mengajaknya berbicara. Tetapi cukup melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membuat dia untuk tertarik pada produk yang anda tawarkan. Jika anda menemui pelanggan yang gagap dalam berbicara, jangan terpaku pada keadaan tersebut dan sebaiknya bersikap biasa saja.
  • Pelanggan yang tidak sabar
Mengenali pelanggan yang tidak sabar yang dapat di lihat dari sikapnya, sebaiknya anda meminta maaf atas tertundanya pelayanan. Mengatakan kepadanya bahwa dia akan di bantu semaksimal dan sesegera mungkin. Lalu mengucapkan terima kasih bahwa pelanggan bersedia menunggu dan meminta maaf atas pelayanan yang kurang nyaman.
  • Pelanggan yang banyak bicara
Menawarkan produk dan bantuan yang diperlukan oleh pelanggan. Jika pelanggan tidak dapat berhenti berbicara, anda dapat mengalihkan perhatiannya pada produk-produk yang anda tawarkan dengan penjelasan yang cukup. Selanjutnya anda dapat meminta alamat dan nomor telepon dari pelanggan tersebut, mereka senang jika mendapatkan perhatian.
  • Pelanggan yang suka berdebat
Anda tidak perlu menunjukkan reaksi jika pelanggan tersebut pada posisi yang salah, sebab jika anda menunjukkan reaksi maka akan terjadi perdebatan yang panjang. Bersikap tenag dan tidak mudah terpancing amarah. Membatasi percakapan pada masalah yang sedang dihadapi namun tidak menyimpang dari pokok pembicaraan. Ada baiknya anda mengemukakan argumen yang masuk akal, agar pelanggan dapat menghargai anda. Kemudian mencari kelemahan dari argumen pelanggan dan menunjukkan kekeliruannya agar pelanggan menjadi tenang. Apabila anda dapat mengatasi keadaan, pelanggan akan lebih lunak.
  • Pelanggan yang memiliki banyak permintaan
Mendengarkan permintaan pelanggan, jika memungkinkan anda dapat membuat ringkasan atas permintaan pelanggan tersebut. Permintaan tersebut dapat dipenuhi atau tidak, hal itu tergantung dari kebijaksanaan anda atau perusahaan. Meminta maaf jika tidak semua permintaan pelanggan dapat dipenuhi. Anda perlu meminta maaf dan menyarankan alternatif lainnya. Segera memberitahu atasan anda jika anda tidak mampu memberikan permintaan pelanggan. Kehilangan satu pelanggan berarti anda kehilangan uang. Hal ini dapat mempengaruhi citra bisnis anda di mata pelanggan. Apapun karakter pelanggan anda, anda harus selalu tersenyum pada pelanggan dan mampu menghadapinya. Pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis dan keuntungan anda.