Search

Mengenal Istilah E-Ticketing Dalam Dunia Penerbangan

Mengenal Istilah E-Ticketing Dalam Dunia Penerbangan

Bagi anda yang berencana untuk membuka usaha menjual bisnis tiket online, banyak ilmu yang harus anda pelajari, ada banyak sekali peraturan dan ketentuan di dalam dunia penerbangan dan tidak jarang seseorang yang menjalankan bisnis ticketing terkadang melakukan kesalahan.

Salah satu hal yang sebaiknya anda tahu adalah tentang e-ticketing. Ini merupakan basic awal anda untuk menuju ke tahap ticketing selanjutnya. Teknologi e-ticket memberikan banyak kemudahan bagi anda dan konsumen anda tentunya dan anda tidak perlu mencetak tiket, anda hanya perlu menunjukkan tiket melalui gadget anda. Dengan e-ticket konsumen hanya diberikan kode booking dan data konsumen pun sudah tercatat di sistem ticketing maskapai penerbangan.

Lalu apa yang disebut dengan e-ticketing itu?

E-ticketing atau electronic ticketing adalah salah satu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari proses aktivitas perjalanan konsumen tanpa harus mengeluarkan dokumentasi berharga secara fisik atau paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline atau maskapai penerbangan. E-ticketing adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan konsumen. E-ticket mengurangi biaya proses cetak tiket, menghilangkan formulir kertas dan meningkatkan fleksibitas konsumen, serta memudahkan agen-agen perjalanan dalam membuat perubahan jadwal penerbangan yang diinginkan oleh konsumen.

E-ticket merupakan bentuk pelayanan jasa penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat secara cepat dan akurat. E-ticket sebenarnya sama saja dengan tiket biasa, di mana dengan menggunakan tiket tersebut konsumen dapat melakukan penerbangan biasa sebagaimana halnya dengan konsumen yang mempunyai paper-ticket, namun e-ticket ini tidak berbentuk kertas, tiket ini hanya berupa database yang berisikan data-data penumpang serta sebuah kunci untuk mengakses data tersebut.

Dengan menggunakan e-ticket, konsumen tidak perlu lagi takut atau khawatir jika tiketnya hilang, robek, dicuri atau tertinggal di rumah. Siapa pun dapat membeli tiket pada sistem online yang tersedia di travel agent. Anda perlu mendaftar pada sistem online sebelum anda mulai menjual tiket tersebut. Proses pendaftaran memerlukan anda untuk mengisi informasi data diri anda dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada perusahaan travel agent yang membuka kemitraan tersebut.

Kelebihan e-ticketing:

  • Kemudahan

Penumpang dapat mudah mengerti dalam melakukan pemesanan tiket melalui pelayanan ini.

  • Keamanan

Konsumen diberikan fasilitas login dan hanya satu orang dengan satu nama yang sudah terdaftar sebelumnya serta bisa mengakses menu layanan utamanya.

  • Hemat waktu dan tenaga

Konsumen diuntungkan dengan masalah waktu dan tenaga dalam melakukan pemesanan serta adanya diskon atau potongan harga jika konsumen sudah menjadi pelanggan tetap.

  • Kenyamanan

Konsumen dapat memesan tiket dengan nyaman tanpa adanya gangguan, karena dapat dilakukan di rumah, tanpa harus mengantri membeli tiket di travel agen atau kantor maskapai penerbangan secara langsung.