Search

Mengenal Internet Marketing Dalam Bisnis Online

Mengenal Internet Marketing Dalam Bisnis Online
Pemasaran internet atau pemasaran elektronik yang biasa disebut dengan internet marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau jasa dengan melalui atau menggunakan media elektronik atau internet. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan internet semakin meningkat secara drastis. Disadari atau tidak, kini perkembangan internet sudah semakin pesat, bahkan orang sudah banyak memilih melakukan transaksi jual beli barang secara online. Ribuan produk dan jasa sudah banyak yang beralih dari penjualan secara offline ke dunia online. Kegiatan pemasaran internet meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan iklan produk dan jasa yang ditawarkan pada konsumen, penulisan kalimat-kalimat yang menjual. Pemasaran internet ini meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan banner digital. Internet digital marketing ini meliputi banyak strategi dan optimalisasi mesin pencari, sosial media, dan iklan berbayar per-klik. Untuk memudahkan anda agar lebih mengerti tentang internet marketing, sederhananya internet marketing itu dibagi menjadi dua bagian. Yaitu sebagai sumber penghasilan dan sebagai sarana untuk berpromosi. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Source of income atau internet marketing untuk penghasilan
Internet merupakan salah satu gaya hidup masyarakat modern sekarang ini. Di media sosial seperti facebook, twitter, berbagai jenis instant messenger seperti BBM sering dijumpai produk dan jasa yang mereka jual secara online. Dari sana mereka akan mendapatkan income atau pendapatan dari produk dan jasa yang telah mereka pasarkan.
  1. Traffic generation atau internet marketing untuk promosi online
Definisinya cukup luas karena menyangkut promosi produk, brand, jasa dan banyak lagi. Dengan cara ini, maka produk atau jasa yang ditawarkan akan dikenal oleh masyarakat secara luas bahkan secara global. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya melalui SEO (Search Engine Optimization) cara ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis online yang menggunakan blog atau website, email marketing, dan social media marketing. Untuk sukses dalam bisnis internet marketing, ada empat elemen dasar yang perlu anda perhatikan:
  • Social media
Sosial media kini telah beralih fungsi dari hanya ajang pertemanan menjadi ajang bisnis. Anda banyak menemukan produsen atau sales yang memasarkan produknya melalui Facebook, Twitter, Linkdin, youtube, Pinterest, dan Instagram.
  • Blogging / website
Blog adalah sebutan untuk sebuah website yang diisi secara teratur dengan konten yang bermanfaat bagi pembacanya. Konten itu bisa berupa artikel, video, audio yang berhubungan dengan produk yang anda pasarkan.
  • Content marketing
Konten adalah sarana bagi anda sebagai pemilik bisnis untuk menuangkan kreativitas dalam menarik hati para pengunjung. Seperti artikel dalam blog atau website adalah konten, namun bukan hanya artikel bahkan video, audio, infografis, merupakan jenis-jenis konten marketing yang sudah sering anda dengar atau bahkan anda praktekkan dalam memasarkan produk.
  • SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah blog atau website untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website untuk menjadi lebih baik di mesin pencari seperti Google. Sebuah blog atau website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google, tentu akan lebih berpeluang dalam mendapatkan banyak pengunjung. Bisnis online merupakan bagian dari bisnis kreatif, lebih tepatnya anda dituntut untuk mengerti tentang internet marketing dasar agar bisnis yang anda jalankan bisa cepat sukses dan berkembang sesuai dengan target. Salah satu hal penting adalah jangan cepat menyerah. Semakin anda yakin dengan keberhasilan anda dalam bisnis online, maka kesuksesan dapat diraih dengan mudah.