Search

Mengenal Business To Consumer (B2C) Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Travel

Mengenal Business To Consumer (B2C) Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Travel

Business to Consumer (B2C) adalah bentuk jual beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual produk atau jasa dengan konsumen yang dilakukan melalui jaringan elektronik baik berupa komputer maupun smartphone yang terhubung dengan internet. Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen berupa barang atau jasa. Sifat dari bisnis tersebut adalah terbuka dan bebas yang dimanfaatkan oleh khalayak umum. Cara mengaksesnya melalui sebuah website atau toko online yang disediakan oleh pelaku bisnis.

Dalam memulai Business to Consumer (B2C), ada beberapa tantangan yang dihadapi seperti; membangun privasi dan kepercayaan pada konsumen, menciptakan ketergantungan dan loyalitas konsumen pada bisnis anda, kelengkapan dan keragaman ketersediaan produk yang anda jual.

Untuk pelayanan Business to Consumer (B2C) meliputi:

  1. Memuat jenis produk yang dijual beserta informasi lengkapnya.
  2. Melakukan transaksi penjualan, pembayaran dan pengiriman barang
  3. Membuat berita-berita terbaru tentang produk yang dijual.
  4. Memberikan pelayanan secara lengkap kepada konsumen.
  5. Memberikan jawaban atas pertanyaan konsumen seputar produk yang dijual.

Secara umum Business to Consumer (B2C) terbagi menjadi 4 klasifikasi:

  1. Auction Store

Tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan produk, misalnya untuk periklanan produk perusahaan, pembayaran. Contohnya: www.ebay.com

  1. Online Store

Tempat untuk menjual atau membeli produk barang dan jasa secara digital atau online tanpa harus bertatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli. Sebagai contoh: www.amazone.com, www.tokopedia.com.

  1. Online Service

Tempat untuk meminta informasi dan pelayanan lain dari perusahaan dengan cepat dan mudah untuk melakukan proses jual beli, misalnya: jasa tiket perjalanan. Contoh: www.airasia.com.

  1. Other Service

Layanan yang menyediakan penjualan produk barang dan jasa di luar kalsifikasi yang sudah dijabarkan sebelumnya. Contoh: www.facebook.com.

Business to Consumer (B2C) dalam usaha tour dan travel membantu membuat perencanaan dalam penjualan tiket dan tour wisata. Berikut adalah manfaat terhadap bisnis travel:

  1. Mempermudah dalam memberikan informasi antara pelaku bisnis travel dan calon customer mengenai semua hal yang berhubungan dengan travel dan tour wisata seperti harga tiket pesawat, kereta api, harga hotel, harga tiket objek wisata dan lain sebagainya.
  2. Memberikan akses yang mudah bagi wisatawan tentang informasi daerah wisata yang akan mereka kunjungi.
  3. Membantu pelaku bisnis travel dan tour dalam mengembangkan bisnisnya, karena pelaku bisnis dapat mendesain website agar tampilannya lebih menarik lagi untuk dapat menarik minat konsumen lebih banyak lagi.
  4. Memberikan gambaran singkat tentang lokasi wisata yang ditawarkan kepada konsumen.
  5. Mempermudah transaksi dalam pembelian tiket.

Dengan menggunakan Business to Consumer (B2C), maka banyak keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan atau pelaku bisnis, produk dapat dipasarkan secara luas, dapat melayani transaksi selama 24 jam meskipun pada hari libur sekali pun, pelaku usaha juga dapat berinteraksi langsung dengan konsumen tanpa perantara. Jadi, dengan B2C akan dapat memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan, pembukuan lebih cepat serta pemasaran yang luas tanpa batasan wilayah, sehingga dapat menjaring konsumen lebih banyak lagi.