Search

Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Traveling

Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Traveling

Libur panjang dan traveling yang menyenangkan telah berakhir dan harus kembali ke rutinitas pekerjaan seperti sedia kala. Tidak perlu panik untuk menghadapi hari pertama bekerja kembali sepulang dari liburan.

Ini adalah kenyataan yang harus kamu dan banyak orang lainnya hadapi. Kondisi seperti ini sering membuat orang kehilangan semangat kerja dan nantinya akan mempengaruhi performa kerja kamu, terutama di awal-awal mulai kerja kembali.

Nah, kalau kamu mau tahu tips supaya kamu bisa tetap semangat bekerja di hari pertama setelah pulang liburan, kamu bisa simak tulisan di bawah ini :

Jangan terlalu mepet jadwal kerja
Setelah menikmati liburan tubuh dan pikiran memerlukan waktu beberapa saat untuk bisa kembali ke kondisi siap kerja. Sebaiknya kamu mengatur tanggal pulang liburanmu tidak terlalu mepet hari pertama kembali bekerja, setidaknya cukup untuk tidur nyenyak dan membersihkan diri.

Jika memaksakan langsung bekerja setelah liburan, kamu akan sulit konsentrasi pada pekerjaan karena hatimu belum sepenuhnya move on dari suasana liburan.

Mulai perlahan-lahan
Jangan langsung mengerjakan pekerjaan yang berat atau sulit. Kamu bisa memulai dengan tugas yang belum kamu selesaikan sebelum berangkat liburan dan kerjakan dengan perlahan sebelum kamu memulai tugas baru yang menuntut untuk berpikir keras.

Mengerjakan tugasmu hingga tuntas bisa meningkatkan rasa optimisme dan membangun mood yang positif.

Ngobrol dengan teman kantor
Ngobrol dengan teman sekantor dan bercerita soal pengalaman liburan kamu akan membangun suasana kerja jadi menyenangkan.

Setelah tidak bertemu dengan rekan kerja selama liburan, pasti banyak hal yang bisa kamu ceritakan atau mungkin malah banyak pertanyaan dari rekan kerjamu. Suasana seperti ini akan membuat hari pertama kembali bekerja menjadi lebih santai.

Letakkan suvenir liburan di meja kerja
Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengingat kembali momen liburan bisa mengembalikan mood kamu. Letakkan suvenir yang kamu beli saat liburan di atas meja kerja untuk mengingatkan serunya liburan kamu dan membuatmu semangat bekerja.

Sebenarnya tidak harus selalu di atas meja, yang penting di tempat yang bisa kamu pandang dari posisi duduk kamu saat bekerja. Bisa saja kamu gantung di dinding, di dalam lemari kaca atau di atas rak.

Ingat istirahat
Setelah meninggalkan pekerjaan selama beberapa waktu untuk pergi liburan, kamu langsung kerja tanpa henti untuk mengejar ketinggalan. Strategi itu justru malah salah banget. Bisa-bisa kamu malah kelelahan dan pekerjaan malah tidak terselesaikan dengan baik.

Tubuh dan pikiran punya batas kemampuan yang tidak boleh dilanggar. Jangan lupa beristirahat selama beberapa menit setiap rentang waktu tertentu agar tubuh dan pikiran tidak kelelahan.

Tidak perlu panik untuk menghadapi hari pertama bekerja kembali sepulang dari liburan. Tetap santai dan persiapkan dirimu dengan baik untuk kembali bekerja.

Selamat bekerja.