Search

Memilih Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Pada Bulan Ramadhan

Memilih Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Pada Bulan Ramadhan

Ketika bulan Ramadhan datang, umat muslim di seluruh dunia serentak menjalankan ibadah yang hanya berlangsung satu tahun sekali dan hanya dilakukan selama sebulan. Ibadah puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim, menjauhi berbagai larangan dan menahan lapar dan dahaga sejak matahari terbit hingga terbenam. Pada bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Seperti yang kita tahu, pada saat puasa akan terjadi perubahan waktu makan. Meskipun begitu anda harus tetap mengimbangi menu makanan yang sehat, agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga selama bulan Ramadhan.

Pada saat sahur banyak orang yang tidak berselera untuk makan, karena tidak terbiasa makan pada waktu dini hari, mata masih mengantuk, lemas dan lain sebagainya. Untuk itu anda perlu menyiapkan sahur yang tepat untuk menggugah selera makan anda. Lalu menu makanan seperti apakah yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur?

  1. Makanan kaya karbohidrat kompleks

Jika dibandingkan dengan menu makanan karbohidrat sederhana, makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks akan memberikan energi lebih pada tubuh anda. Sehingga menu makanan ini tidak akan membuat anda cepat lemas. Contoh menu makanan yang kaya dengan karbohidrat kompleks adalah beras merah, sereal, roti gandum utuh, kentang, oatmeal dan masih banyak lagi. Tidak hanya memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama, tetapi juga tidak akan membuat gula darah anda meningkat. Sehingga akan mencegah anda dari penyakit kencing manis atau diabetes.

  1. Makanan kaya protein dan lemak

Selain makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, makanan yang kaya akan protein dan lemak juga dapat membuat anda kenyang lebih lama. Tidak hanya itu saja, protein juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh anda yang rusak. Sedangkan lemak yang anda konsumsi dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi dalam tubuh lebih lama. Akan tetapi sebaiknya pilih makanan dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan salmon, tuna, juga minyak zaitun. Pada makanan protein, anda dapat mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit, tempe, tahu dan aneka jenis ikan lainnya.

  1. Konsumsi sayur dan buah-buahan

Anda harus mencukupi asupan sayur dan buah-buahan, karena kaya akan vitamin dan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh anda selama bulan Ramadhan. Selain itu sayur dan buah-buahan juga kaya akan serat, sehingga dapat mengatasi sembelit dan susah buang air besar. Serat yang terkandung didalamnya juga dapat memberi rasa kenyang yang lama.

  1. Cairan tubuh tercukupi

Bukan hanya makanan, tetapi cairan tubuh juga harus tercukupi. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Disarankan bagi anda untuk minum air mineral 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka puasa. Selain itu anda juga dapat menambahkan air kelapa untuk menjaga tubuh tetap bugar. Saat sahur, sebaiknya hindari minuman yang manis-manis seperti teh, cokelat maupun minuman bersoda. Karena minuman tersebut justru akan membuat anda lemas, mengantuk dan haus ketika menjalankan ibadah puasa anda.

Untuk menjaga tubuh anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan lebih baik mengkonsumsi makanan sehat yang bebas dari minyak. Anda dapat mengukus, atau pun memanggang makanan yang akan anda konsumsi.