Search

Mekanisme Hasil Penilaian Search Engine Optimization (SEO) Dari Bisnis Travel

Mekanisme Hasil Penilaian Search Engine Optimization (SEO) Dari Bisnis Travel

Menjalankan usaha travel merupakan sebuah keputusan yang tepat untuk saat ini. Sebab bisnis ini menawarkan solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sambil jalan-jalan. Ditunjang dengan keadaan negara kepulauan seperti Indonesia dengan banyak tempat wisata yang indah dan eksotis, menjadi nilai tambah bagi bisnis travel. Memang perjalanan usaha travel ini tidak selalu berjalan mulus, namun jika anda tekun dan dapat mencari celah dari pasar travel agen ini, bisnis travel bisa menjadi ladang bagi anda.

Salah satu cara agar usaha travel dapat berkembang adalah melalui pemasaran internet, peran sosial media seperti facebook, twitter, tumblr, blog dan masih banyak aplikasi jejaring sosial lainnya. Begitu pun search engine dalam bisnis travel ini dapat memberikan dampak yang besar dalam proses perkembangan usaha tersebut. Sebagai salah satu strategi yang digunakan yaitu Search Engine Optimization (SEO) karena dapat menarik visitor yang tengah mencari informasi maupun layanan jasa travel dan tour melalui mesin pencari seprti google. Dari pengunjung yang masuk ke blog atau website anda tersebut kemudian diubah agar menjadi calon konsumen yang potensial. Sehingga semakin banyak pengunjung blog atau website yang masuk, maka semakin banyak juga peluang untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen.

Lalu bagaimana cara menilai apakah SEO cukup berdampak pada bisnis travel yang anda jalankan? Berikut mekanisme analisisnya:

  1. Posisi Halaman Di Mesin Pencari Google

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melihat melalui mesin pencari google, apakah blog atau website anda mendapat posisi yang baik pada hasil pencarian google untuk kata kunci yang diincar? Jika semakin baik blog atau website anda pada mesin pencarian google, maka menunjukkan proses SEO anda sudah dilakukan dengan baik. Di sini bukan berarti posisi blog atau website anda menempati posisi satu pada halaman satu di google, karena hal tersebut cukup sulit untuk dicapai. Dengan menempati halaman satu saja sebenarnya sudah cukup baik, asalkan sudah relevan dengan kata kunci dari bisnis travel yang anda jalankan.

  1. Hasil Optimasi Keyword

Anda bisa memantaunya dengan menggunakan tool gratis dari google yaitu Google Search Console. Di sini anda dapat melihat dengan kata kunci apa saja pengunjung dalam mencari di google yang kemudian memunculkan blog atau website anda. Semakin banyak jumlah yang diklik dari sebuah kata kunci, bisa menjadi asumsi bahwa kata kunci tersebut yang paling sesuai dengan bisnis travel yang dijalankan. Sementara semakin banyak jumlah blog atau website yang muncul pada kata kunci tersebut, tapi hanya sedikit mendapatkan klik. Bisa dikatakan kata kunci tidak sesuai dengan deskripsi yang telah anda tuliskan, atau tulisan anda kurang menarik minat dari pengunjung.

  1. Traffic Dari Google

Setelah melihat hasil optimasi dari kata kunci (keyword) pada blog atau website anda tersebut. Anda bisa melakukan pengamatan dan melakukan perbandingan dari traffic blog anda dengan bulan sebelumnya. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Analytics yang memiliki fitur lengkap. Salah satu yang paling sering diamati melalui Google Analytics yaitu ada berapa banyak traffic yang masuk ke blog atau website anda dan dari mana saja traffic tersebut berasal. Semakin banyak traffic yang didapat, hal tersebut menunjukkan bahwa anda berhasil menarik pengunjung dari mesin pencari.

  1. Konversi Dengan Penjualan

Jika ketiga hal di atas mendapati hasil SEO yang baik, sebenarnya sudah cukup baik. Namun dalam penjualan belum ada kenaikan, yang berarti anda salah dalam memilih kata kunci untuk optimasi blog atau website anda tersebut. Untuk meningkatkan penjualan, anda harus dapat memilih kata kunci yang tepat yang sesuai dengan tulisan anda tersebut serta memperbanyak kata kunci dalam tulisan anda. Pastikan jika tulisan anda serta gambar yang terdapat di dalamnya dapat menarik konsumen untuk menggunakan jasa bisnis travel anda.

Demikian mekanisme analisis hasil penilaian dari SEO pada bisnis jasa tour dan travel. Semoga dapat membantu anda dalam meningkatkan penjualan dari bisnis travel yang anda jalankan melalui blog. Salam sukses!